Rosan Roeslani Beberkan Tugas Menteri Investasi dan Hilirisasi di Kabinet Merah Putih 

Rosan Roeslani Beberkan Tugas Menteri Investasi dan Hilirisasi di Kabinet Merah Putih 

Ekonomi | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:23
share

JAKARTA, iNews.id - Rosan Roeslani resmi dilantik sebagai Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Senin (21/10/2024). Rosan menjelaskan tugas dan fungsi yang diembannya pada Kabinet Merah Putih. 

Rosan menjelaskan, selain penanaman modal, kementerian yang dipimpinnya juga akan mengurusi terkait dengan hilirisasi pada pertambangan, perkebunan, hingga perikanan.

"Sehingga ini adalah tugas yang cukup besar yang diamanatkan kepada saya dan intinya adalah arahannya supaya lebih banyak hiliriasi yang dijalankan tidak hanya dipertambangan saja dan supaya ada nilai tambahnya itu kita yang menikmati dan ujungnya adalah bagaimana peningkatan lapangan pekerjaan bisa terus tercipta. Jadi intinya seperti itu," ucap Rosan usai pelantikan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Rosan mengaku bakal melakukan kolaborasi dengan semua kementerian terkait. Dia akan memprioritaskan terkait hilirisasi.

"Nanti saya akan koordinasi dengan semua kementerian terkait lebih dahulu," tuturnya.

Kementerian di bawah Kemenko itu, kata Rosan, akan melakukan hilirisasi bukan hanya pada pertambangan saja, tetapi juga sektor lainnya.

"Tentunya tadi yang tidak hanya pertambangan tapi juga ada perkebunan, perikanan dan salah satu fokusnya di rumput laut juga salah satu produk turunannya sangat banyak dan itu juga yang akan kita dorong karena kita punya keunggulan di situ, semua akan kita lihat terutama pada bidang-bidang yang kita punya keunggulan yang sangat besar," ucapnya.

Topik Menarik