Naturalisasi Kevin Diks Terus Dikebut, Hari Ini Proses Administrasi

Naturalisasi Kevin Diks Terus Dikebut, Hari Ini Proses Administrasi

Olahraga | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 09:15
share

JAKARTA, iNews.id – Naturalisasi Kevin Diks terus dikebut. Pemain keturunan tersebut diharapkan bisa segera membela Timnas Indonesia. Hari ini dijadwalkan prosesnya memasuki tahap administrasi.  

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menjelaskan, prioritas PSSI saat ini adalah membuat Kevin membela Timnas Indonesia secepatnya. Namun, PSSI masih harus sabra menunggu proses perpindahan kekuasaan dari kabinet lama ke kabinet baru. 

Setelah itu, Yunus mengatakan proses naturalisasi Kevin akan kembali berjalan sebagaimana mestinya. 

"Tadi kita komunikasi dengan Menpora (Dito Ariotedjo), ini yang lagi kita usahakan. Kabinet baru hari ini (kemarin) dilantik, mudah-mudahan besok (hari ini) sudah dalam proses administrasi dan kita berdoa saja mudah mudahan bisa kita sebut secepatnya bisa mengejar target yang diharapkan," kata Yunus di Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Dalam prosesnya, naturalisasi akan melalui sejumlah birokrasi, termasuk persetujuan dari pemerintah, pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), hingga perpindahan federasi. 

Yunus mengatakan saat ini fokus PSSI adalah menaturalisasi Kevin terlebih dahulu. Dia menegaskan, proses naturalisasi dimulai setelah sang pemain berjabat tangan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. 

"Kevin Diks dulu, pokoknya. Setelah jabat tangan dengan ketua umum baru kita (umumkan)," kata Yunus. 

Kevin Diks resmi diproses naturalisasi setelah bertemu Erick Thohir beberapa waktu lalu. Pemain FC Copenhagen itu memang sudah lama dirumorkan akan membela Skuad Garuda.

Kevin diketahui memiliki darah keturunan dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku. Bek berusia 28 tahun itu tentu akan menjadi tambahan kekuatan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Timnas Indonesia akan menjamu Jepang dan Arab Saudi dalam waktu dekat. Dua pertandingan itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 15 dan 19 November 2024. Kevin Diks diharapkan sudah bisa tampil di dua laga tersebut. 

Topik Menarik