PSSI Bocorkan Jadwal Debut Kevin Diks di Timnas Indonesia

PSSI Bocorkan Jadwal Debut Kevin Diks di Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:00
share

JAKARTA, iNews.id - Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga membocorkan jadwal debut Kevin Diks di Timnas Indonesia. Dia memprediksi bek FC Copenhagen itu baru bisa membela Garuda tahun depan.

Saat ini Kevin Diks menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Langkah-langkah yang dilaluinya pun masih panjang. Mantan pemain Fiorentina itu masih harus melalui proses persetujuan DPR dan pemerintah, pengambilan sumpah sampai perpindahan federasi.

Banyak yang berharap proses naturalisasi Kevin Diks bisa segera rampung agar dapat membela Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dan Arab Saudi di November 2024. Hanya saja, tampaknya kemungkinan pemain berusia 28 tahun itu akan tampil di bulan November akan sulit terwujud.

Arya menjelaskan secara rinci bagaimana agar Kevin Diks bisa bermain membela Timnas Indonesia di bulan November. Menurutnya, dengan situasi yang ada sekarang ini cukup sulit, mengingat pemerintahan saat ini juga sedang mengalami masa transisi.

“Gini, Kevin Diks itu kalau mau main, itu harus H-7 terakhir data masuk. Main tanggal 15, berarti data masuk minimal tanggal 8. Atau tanggal 7, dia harusnya waktu datanya. Tanggal 7, berarti harus sumpah di situ dan KTP, imigrasi, dan kawan-kawannya,” kata Arya kepada wartawan termasuk iNews.id, Kamis (24/10/2024).

“Nah, teman-teman kan tahu, pemerintahan masih baru. Ini kabinet juga berubah, nomenklatur kabinet juga berubah. Kumham tadinya satu kementerian jadi tiga kementerian. Jadi semua lagi konsolidasi kementeriannya, gitu. Kemudian DPR pun baru kemarin terbentuk komisinya. Berubah semuanya. Bergeser,” sambungnya.

Arya menjelaskan meski PSSI berupaya mengebut prosesnya, tapi mereka tidak ingin terlalu mendorong pemerintah. Maka dari itu, menurutnya akan sangat berat jika Kevin Diks debut di bulan depan. Akan lebih masuk akal jika sang pemain bermain di bulan Maret 2025.

“Jadi sepertinya kita akan, kalau untuk ngejar sekarang, kita enggak gini loh, kita bukan ‘eh pemerintah, ayo cepet-cepet’. Kan lucu juga. Jangan segitu-gitunya juga lah,” tutur dia.

“Kita, iya, nunggu proses dulu pemerintahan beres atau modul ininya, DPR juga beres semua, baru kita proses semua dengan baik. Jadi kemungkinan berat untuk main di November. Ya, bisanya main di, mudah-mudahan main di bulan Maret,” terang Arya.

Adapun, Timnas Indonesia masih akan melanjutkan perjuangannya di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sesuai jadwal, Skuad Garuda akan tandang melawan Australia pada 20 Maret 2025 dan menjamu Bahrain pada 25 Maret 2025.

Topik Menarik