Pramudya Kusumawardana Beri Kabar Mengejutkan usai Lama Menghilang

Pramudya Kusumawardana Beri Kabar Mengejutkan usai Lama Menghilang

Olahraga | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:00
share

AUCKLAND, iNews.id – Pebulu tangkis Indonesia, Pramudya Kusumawardana meberikan kabar mengejutkan usai lama menghilang. Kini dia mulai debut dengan berduet bersama atlet cantik Australia, Gronya Somerville, di sektor ganda campuran.

Pramudya cabut dari Pelatnas PBSI akhir tahun lalu dengan meninggalkan pasangannya di sektor ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Keputusan itu diambil karena dia ingin melanjutkan studinya di Negeri Kanguru.

Meski masih WNI, Pramudya melanjutkan karier badminton dengan bendera Australia. Dia sempat dijadwalkan comeback di ajang Finnish International 2024 pada akhir April lalu.

Kala itu, Pramudya turun di sektor ganda campuran dengan Nozomi Shimizu yang merupakan pemain berdarah Australia-Jepang. Akan tetapi, dia batal tampil di Finlandia dan baru bermain lagi di ajang Australia Open 2024 pada pertengahan Juni.

Pemain berusia 23 tahun itu turun di dua nomor sekaligus yakni ganda putra dan ganda campuran. Di sektor ganda putra, dia berpasangan dengan mantan pemain Indonesia lainnya, Andika Ramadiansyah, dan mampu mencapai perempat final.

Sedangkan di sektor ganda campuran, Pramudya yang berduet dengan Nozomi Shimizu terhenti sejak babak 32 besar. Selepas itu, pemain kelahiran Sukabumi tersebut hanya mentas di ganda putra saja dengan Andika di ajang Bendigo International 2024 pada awal Oktober ini dan mampu mencapai semifinal.

Pada pekan lalu, Pramudya kembali turun di ajang Sydney International 2024. Di sektor ganda putra, Pramudya/Andika gugur di babak 16 besar usai dikalahkan pasangan India, Hariharan Amsakarunan/Ruban Kumar Rehinasabapathi, dengan skor 21-16, 15-21 dan 11-21.

Di Sydney International 2024 itulah, Pramudya memulai debutnya dengan bintang Australia, Gronya Somerville. Pasangan ini bisa dibilang punya potensi besar untuk bisa bersaing di papan atas karena mereka berdua punya skill yang mumpuni.

Di turnamen tersebut, Pramudya/Gronya mampu meraih dua kemenangan sebelum kemudian tumbang di perempat final. Mereka dikalahkan duet Taiwan, Chen Cheng Kuan/Hsu Yin-Hui dengan skor 21-14, 12-21 dan 19-21.

Pada pekan ini, Pramudya/Gronya kembali berpasangan di ajang North Harbour International yang berlangsung di Auckland, Selandia Baru. Mereka pun mampu meraih kemenangan di babak 32 besar atas wakil tuan rumah, Dylan Soedjasa/Camellia Zhou, dengan skor 21-9 dan 21-12.

Langkah Pramudya/Gronya pun dipastikan lanjut ke perempat final North Harbour International 2024. Pasalnya, lawan mereka di babak 16 besar yakni unggulan pertama asal India, Dhruv Kapila/Tanisha Crasto, memutuskan mundur pada hari pertandingan, Kamis (24/10/2024).

Di babak perempat final, Pramudya/Gronya bersua dengan pasangan Taiwan lagi, Chen Cheng Kuan/Lee Chih Chen. Patut ditunggu apakah mereka bisa mengalahkan sang lawan atau tidak.

Topik Menarik