Ridwan Kamil Silaturahmi dengan INTI, Komitmen Jaga Persatuan di Jakarta

Ridwan Kamil Silaturahmi dengan INTI, Komitmen Jaga Persatuan di Jakarta

Terkini | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 06:13
share

JAKARTA, iNews.id - Ridwan Kamil menghadiri Silaturahmi Kebangsaan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (24/10/2024) malam. Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 itu mendapat sambutan hangat dari INTI.

Dalam acara yang turut dihadiri anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Rahayu Saraswati tersebut, Ridwan Kamil menyiapkan pantun khusus dengan menyisipkan satu kalimat berbahasa mandarin. 

”Ke Cikini memakai baju batik, jualan ramen di Kecamatan Leuwiliang. Karena di sini ibu-ibunya pada cantik, saya cuma mau bilang ni hen piao liang,” kata dia. 

Pantun itu sontak disambut gemuruh tepuk tangan dan teriakan. ”Lulus, lulus,” kata seisi tempat acara. Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pantun tersebut dibuat beberapa saat sebelum dirinya naik ke atas panggung.

Mantan Wali Kota Bandung itu pun menyampaikan komitmen untuk menjaga persatuan. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) ingin mewujudkan Jakarta Baru, Jakarta Maju dengan cara-cara yang baik. Yakni kerja sama dan kolaborasi melibatkan seluruh masyarakat Jakarta.

Ridwan Kamil mengaku sangat senang karena diterima dengan hangat oleh INTI. Di hadapan mereka, dia membeberkan gagasan dan program yang akan dihadirkan oleh Ridwan Kamil-Suswono setelah memenangkan pilkada Jakarta. 

”Saya menceritakan apa adanya. Tentang saya anak bangsa yang mengabdi dengan pulang kampung, membangun negeri melalui keilmuan dan kepemimpinan. Saya adalah bapak dari semua warga Jakarta kalau nanti terpilih. Saya akan menjaga persatuan, keberagaman, dan toleransi,” ucap dia.

Dia mengerti, secara organisasi INTI tidak akan menyatakan dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mana pun. Namun, sambutan hangat serta kesempatan hadir dalam acara Silaturahmi Kebangsaan Perhimpunan INTI menjadi kesempatan besar bagi dirinya untuk menyampaikan rencana-rencana yang disiapkan untuk membangun Jakarta menjadi kota global.

”Minimal yang saya pidatokan, juga ada video dukungan dari Pak Prabowo dan Pak Hashim, bahwa kita akan bersinergi dengan Pemerintah Pusat. Saya kira itu semangatnya. Bahwa toleransi, keberagaman, adalah jantung dari identitas Jakarta,” katanya. 

Politikus Partai Golkar yang pernah bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat itu memastikan, Jakarta bakal menjadi rumah yang aman dan nyaman untuk setiap orang. Dia berjanji akan berlaku seadil-adilnya. Membesarkan yang kecil, meluaskan yang sudah besar. Menghadirkan solusi bagi setiap persoalan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat Jakarta.

”Bapak dan ibu tenang, aman, dan nyaman. Saya akan pastikan itu, semua dalam keberagaman, toleransi, karena Jakarta adalah Indonesia, Indonesia adalah Pancasila, dan Pancasila adalah Bhineka Tunggal Ika,” kata dia.

Topik Menarik