AB+: Melihat Spesifikasi Maung Pindad, Mobil Taktis Dikendarai Presiden Prabowo

AB+: Melihat Spesifikasi Maung Pindad, Mobil Taktis Dikendarai Presiden Prabowo

Terkini | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 22:37
share

JAKARTA, iNews.id — Publik Indonesia kini semakin penasaran dengan kendaraan taktis bernama Maung, buatan PT Pindad. Mobil itu menjadi salah satu kendaraan dinas resmi Presiden Prabowo Subianto. 

Tidak hanya dikenal tangguh, kendaraan yang dikembangkan anak bangsa ini memiliki fitur-fitur canggih yang tak kalah dengan kendaraan taktis asing. Maung generasi ketiga, yang dikenal sebagai Maung MV3 Garuda Luxury, adalah kendaraan yang menonjolkan inovasi, ketahanan, dan kecintaan pada produk dalam negeri.

Nama “Maung” dipilih oleh Prabowo sendiri terinspirasi dari simbol keberanian dan kelincahan harimau dalam budaya Sunda. Nama ini bukan hanya simbol kekuatan, tetapi juga filosofi: singkatan dari "Manusia Unggul." 

Maung MV3 Garuda dibekali teknologi canggih yang memungkinkannya beroperasi di medan berat. Kendaraan ini memiliki lapisan anti-peluru yang mampu menahan amunisi berat, serta kaca anti-peluru yang meningkatkan perlindungan bagi penumpangnya. Roda yang digunakan adalah "Run Flat Tire," yang memastikan Maung tetap dapat berjalan meski dalam keadaan darurat. 

Menurut Direktur PT Pindad Abraham Mose, Prabowo mengungkapkan betapa pentingnya pengembangan kendaraan taktis dalam negeri untuk meningkatkan kemandirian alutsista Indonesia. 

Topik Menarik