Atlet PSNU Pagar Nusa Kuningan Borong 27 Medali di PNC Garut 2024

Atlet PSNU Pagar Nusa Kuningan Borong 27 Medali di PNC Garut 2024

Terkini | kuningan.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 21:30
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Kejuaraan Pagar Nusa Championship (PNC) 2024 yang digelar di Garut menjadi ajang prestasi bagi para atlet Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kuningan, Jabar. Pada kejuaraan ini, kontingen Kuningan berhasil meraih 27 medali, terdiri dari 14 medali emas, 9 perak, dan 4 perunggu.

Kejuaraan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to Kejurnas V Pagar Nusa yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang. Sebanyak 510 peserta dari 20 kontingen se-Jawa Barat turut ambil bagian dalam berbagai kategori yang dipertandingkan, termasuk tanding, seni TGR, solo kreatif, dan jurus baku Pagar Nusa.

Ketua PSNU Pagar Nusa Kuningan, Wibawa Gumbira, memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan PNC Garut 2024. Menurutnya, kejuaraan ini menjadi wadah penting dalam menjaga kelangsungan seni bela diri pencak silat sebagai warisan budaya, sekaligus menjadi ajang penjaringan atlet berbakat.

"Event seperti ini harus terus berlangsung setiap tahun. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga menjadi sarana melestarikan budaya Indonesia, sekaligus memberikan semangat bahwa setiap anggota yang berlatih memiliki kesempatan untuk menjadi atlet pencak silat," ujar Wibawa kepada awak media, Selasa (1/9).

 

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa prestasi yang diraih atlet Kuningan di PNC Garut menjadi pertanda bahwa PSNU Pagar Nusa Kuningan memiliki peluang besar untuk menghadapi Kejurnas V mendatang.

"Kami yakin dengan prestasi yang ditunjukkan, para atlet kita siap untuk berkompetisi di level nasional," tambahnya.

Wibawa juga menyampaikan terima kasih kepada 27 atlet yang telah menunjukkan semangat bertanding, baik bagi mereka yang meraih medali maupun semua anggota yang terus berlatih. Ia menekankan bahwa meski dengan keterbatasan, semangat untuk memberikan yang terbaik harus tetap ada.

Tak lupa, ia memberikan apresiasi kepada para pelatih serta pihak-pihak yang mendukung perkembangan pencak silat Pagar Nusa Kuningan.

Sementara Ketua Kontingen Kuningan, Deni Darmadi alias Mang Dadawuk menjelaskan, bahwa kejuaraan ini menerapkan sistem digital scoring untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam penilaian.

"Sehingga hasil yang diperoleh setiap atlet adil dan obyektif," katanya didampingi Ajay Setiawan dan Yusuf sebagai official.

 

Dia menyebutkan, bahwa PSNU Pagar Nusa Kuningan berhasil meraih 27 medali dengan rincian 14 emas, 9 perak, dan 4 perunggu. Kuningan juga mengirimkan 5 orang wasit atau juri dalam kejuaraan ini.

Selain medali, lanjutnya, setiap atlet yang berpartisipasi menerima sertifikat penghargaan yang ditandatangani langsung oleh Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pusat, Prabowo Subianto.

"Kejuaraan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Road to Kejurnas V Pagar Nusa yang akan berlangsung pada November 2024," tuturnya.

Perolehan medali emas diraih oleh atlet-atlet berbakat seperti Muhamad Fikri Asaid, Daniswara Arkhananta, Aufa Valerian, Rafa Aldiano Putra, Albi Dwi Nur Alfabian, Rizal, Fizi Fathurozak, Muhamad Dafa Ramadhan, Asep Raihan Ramadani, Yusuf, Kinanti Listya Kusuma Ningrum, Fitriyani Nurfalah, Ihya Ilham Ma'arif, dan Muhammad Azzam Nurzaman.

Sedangkan 9 medali perak diraih oleh Fakhrie Syukhron, Mumuh Muhamad Nursidik, Hendrik, Siti Nurhaliza, Khotibul Imam, Hilal Abiyu Jamail, Mohamad Mughni Arifin, Ajay Setiawan, dan Raden Hempi Agistya Kusumawiyata.

Adapun 4 medali perunggu diraih oleh Agus Santanu, Diva Agustiawan, Habil Alwi Farh'haddad, dan Muhamad Robbi Rusmadi.
Dengan hasil ini, PSNU Pagar Nusa Kuningan diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal pada Kejurnas V mendatang.***

Topik Menarik