Cagub Maluku Utara Benny Laos Tewas dalam Ledakan Speedboat, Sempat Dilarang Naik ke Kapal

Cagub Maluku Utara Benny Laos Tewas dalam Ledakan Speedboat, Sempat Dilarang Naik ke Kapal

Berita Utama | kutai.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:19
share

TALIABU, iNewsKutai.id - Calon gubernur Maluku Utara, Benny Laos tewas dalam ledakan speedboat di Pelabuhan Regional Bobong, Taliabu Barat, Maluku Utara, Sabtu (12/10/2024) sore.

Ledakan disertai kebakaran itu terjadi sesaat sebelum speedboat yang mengangkut Benny Laos dan wakilnya Sabrin Dehe hendak berangkat kampanye bersama timnya berjumlah 40 orang.

Dalam rekaman video amatir yang viral di media sosial, speedboat mewah itu terlihat koyak di bagian depan dan perlahan miring. Puluhan penumpang melompat ke air menyelamatkan diri.

Cagub Benny Laos bahkan dievakuasi dalam kondisi tidak sadarkan diri. Tidak lama setelah itu, speedboat yang masih sandar di dermaga itu perlahan terbakar.

Benny sempat dilarikan ke rumah sakit namun akhirnya dinyatakan meninggal. Selain itu, lima orang penumpang speedboat juga dilaporkan tewas dalam ledakan tersebut.

"Total ada enam meninggal yang sudah dievakuasi, termasuk Bapak Benny Laos. Dua orang belum teridentifikasi," kata Kapolres Taliabu AKBP Totok Handoyo kepada iNews TV, Sabtu (12/10/2024). 

Kapolres mengungkapkan, dugaan awal kebakaran terjadi saat pengisian BBM. Saat ledakan terjadi, sejumlah penumpang terkurung dalam speedboat.

"Sudah diperingatkan Wakapolres tidak boleh ada yang masuk di speedboat selama pengisian BBM karena mesin dan genset menyala," ungkapnya.

 

Sejauh ini belum diketahui berapa jumlah korban. Sebab data manifes penumpang belum ada.

"Data terkini enam orang tewas dan delapan luka," katanya.

Berdasarkan data Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, ledakan speedboat terjadi sekitar pukul 14.05 WIT. Setelah itu, muncul api dengan cepat membesar membakar seluruh kapal.

"Terjadi ledakan dari Speedboat Bela 72 yang ditumpangi rombongan Paslon Gub dan Wagub Maluku Utara No urut 4 Benny Laos - Sabrin Dehe bersama tim," kata Fathur dari Kantor SAR Ternate dalam keterangannya, Sabtu (12/10/2024).

Saat kejadian seluruh penumpang sudah berada di dalam kapal. Kebakaran terjadi saat pengisian BBM.

"Sebelum terjadi ledakan, seluruh POB berada di dalam speedboat yang sedang melakukan pengisian BBM dan kemudian terjadilah ledakan disertai kobaran api," ucapnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik