Timnas Indonesia Kalah dari China, Shin Tae-yong Beri Respon Berkelas

Timnas Indonesia Kalah dari China, Shin Tae-yong Beri Respon Berkelas

Olahraga | kutai.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 08:00
share

QINGDAO, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia menelan kekalahan perdana pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pelatih Shin Tae-yong kekalahan ini bukan akhir dari segalanya.

Timnas Indonesia dipaksa mengakui keunggulan China dengan skor 1-2 pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao Youth Football, Selasa (15/10/2024) malam.

Dua gol China tercipta akibat kesalahan barisan pemain belakang yang kehilangan fokus. Sementara gol balasan Indonesia disumbangkan Thom Haye yang masuk di babak kedua.

Padahal, dalam laga tersebut, pasukan Merah Putih mendominasi permainan dan tampil menekan sepanjang laga. Namun, rapatnya barisan pertahanan China membuat Asnawi Mangkualam dkk kesulitan mencetak gol.

"Walaupun kalah, seluruh pemain timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya dalam laga melawan China," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai anak asuhnya sudah mencoba dengan berbagai cara untuk dapat mencuri poin. Namun, China yang tampil di hadapan pendukung sendiri memiliki motivasi lebih tinggi di pertandingan tersebut.

"Kedua tim menunjukkan keinginan untuk menang. Tapi motivasi China lebih besar,"ujarnya dilansir dari laman PSSI, Rabu (16/10/2024).

Pelatih berusia 54 tahun itu berharap pemainnya tidak larut dengan kekalahan. Dia menuntut respons positif anak asuhnya menatap matchday kelima yang digelar 19 November mendatang melawan Jepang.

Shin Tae-yong pun berjanji membawa tim Garuda bangkit di laga tersebut meski akan melawan tim terkuat di Asia.

"Ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya dengan kondisi yang jauh lebih baik,"pungkasnya.

 

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia hanya mampu membawa pulang satu poin dalam dua laga away hasil sekali imbang melawan Bahrain. Meski kalah, posisi tim Garuda di klasemen sementara Grup C tidak berubah.

Mengoleksi tiga poin, timnas Indonesia tetap berada di peringkat 5 berkat keunggulan selisih gol atas China. Peluang timnas Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya.

Tim Merah Putih menyisakan enam pertandingan di mana empat di antaranya akan digelar di SUGBK, kandang timnas Indonesia. Dua lainnya yakni laga away melawan Jepang dan Australia.

Topik Menarik