Siapa Jenderal Bintang 3 Calon Wakapolri Pilihan Kapolri Pengganti Agus Andrianto?

Siapa Jenderal Bintang 3 Calon Wakapolri Pilihan Kapolri Pengganti Agus Andrianto?

Nasional | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:11
share

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih mencari Perwira Tinggi (Pati) yang akan menduduki jabatan Wakapolri, menggantikan Komjen Pol Agus Andrianto. Diketahui Agus telah menjabat sebagai Menteri Imigrasi dan Kemasyarakatan.

"Masih menunggu petunjuk pimpinan, pasti akan dipilihkan oleh Bapak Kapolri yang terbaik," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho kepada wartawan, Selasa (22/10/2024).

Sandi menegaskan kalau Korps Bhayangkara akan memilih sosok Pati setingkat Komjen atau Bintang Tiga terbaik untuk menjabat sebagai Wakapolri. Namun demikian, dia enggan menyebut nama-namanya.

"Pasti dicari bintang tiga-tiga yang terbaik lainnya untuk menduduki jabatan Wakapolri," kata jenderal bintang dua Polri tersebut.

 Di sisi lain, Sandi menegaskan dalam proses penunjukan Wakapolri akan sepenuhnya ditentukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tentunya yang tahu Pak Kapolri. Nanti kita akan komunikasikan sama beliau. Mudah-mudahan sudah ada dan pastinya sudah disiapkan yang terbaik" pungkasnya.

 

Sekadar diketahui, posisi Wakapolri kosong usai ditinggalkan Komjen (Purn) Agus Andrianto, yang resmi dilantik sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan Kabinet Merah Putih Pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Agus Andrianto sendiri telah mengundurkan diri sebagai Wakapolri, usai resmi menjadi Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

"SKEP Purna sudah keluar," kata As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Dedi menyebut, posisi Wakapolri nantinya akan ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. "Iya betul (dipilih langsung oleh Kapolri),” ujar Dedi.

Topik Menarik