Jajak Pendapat Terbaru AS Tunjukkan 72 Pemilih Khawatir Soal Usia, Sekutu Langsung Bela Joe Biden

Jajak Pendapat Terbaru AS Tunjukkan 72 Pemilih Khawatir Soal Usia, Sekutu Langsung Bela Joe Biden

Berita Utama | okezone | Senin, 1 Juli 2024 - 08:45
share

ATLANTA - Sebuah jajak pendapat baru soal pemilihan presiden Amerika Serikat (pilpres AS) menunjukkan bahwa beberapa pemilih Partai Demokrat semakin khawatir tentang apakah Joe Biden sehat secara mental untuk menjabat sebagai presiden setelah kinerja debatnya yang menurun tajam pada Kamis (27/6/2024).

Jajak pendapat CBS News/YouGov yang dirilis pada Minggu (30/6/2024) menunjukkan bahwa 72 pemilih terdaftar percaya bahwa Biden tidak memiliki kesehatan mental dan kognitif untuk menjabat sebagai presiden. Angka ini naik tajam dari 65 yang mengatakan hal yang sama dalam jajak pendapat sebelumnya.

Adapun 49 pemilih mengatakan hal yang sama tentang mantan Presiden Donald Trump.

Yang sangat mengkhawatirkan bagi kampanye Biden adalah 45 dari anggota Partai Demokrat yang terdaftar dan menanggapi jajak pendapat tersebut mengatakan mereka yakin presiden harus mundur untuk kandidat lain.

Kekhawatiran mengenai usia para kandidat yakni Biden 81 tahun dan Trump 78 tahun, sudah ada sebelum debat pada Kamis (27/6/2024). Namun, suara Biden yang serak dan jawaban yang tidak jelas, menambah kekhawatiran di antara beberapa anggota Partai Demokrat mengenai pencalonannya dan membuat beberapa orang menyerukan agar Biden mundur.

Sebuah sumber mengatakan kepada CBS News, mitra BBC di AS, mengatakan keluarga presiden mendorongnya untuk tetap mengikuti pencalonan dan terus berjuang selama kunjungan yang telah lama direncanakan ke Camp David pada Minggu (30/6/2024).

Namun, Anggota Kongres Maryland Jamie Raskin, sekutu Demokrat dan Gedung Putih, menyebutnya sebagai situasi sulit dalam sebuah wawancara dengan MSNBC pada Minggu (30/6/2024).

Dia mengatakan bahwa ada percakapan yang sangat jujur, serius, dan teliti yang terjadi di setiap tingkat partai kita, meskipun dia menekankan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan Biden.

“Terlepas dari apa yang diputuskan Presiden Biden, partai kami akan bersatu dan partai kami juga membutuhkannya sebagai pusat pertimbangan dalam kampanye kami,” terangnya.

Beberapa hari setelah debat tersebut, Ibu Negara Jill Biden, Wakil Presiden Kamala Harris, dan mantan Presiden Barack Obama secara terbuka mengakui bahwa ini bukanlah penampilan terbaik Biden.

Namun mereka dan banyak sekutu Demokrat lainnya menolak seruan agar Biden mundur.

Topik Menarik