Penjaga Kebun Binatang Tewas Diterkam Singa Usai Membiarkan Kandang Terbuka

Penjaga Kebun Binatang Tewas Diterkam Singa Usai Membiarkan Kandang Terbuka

Berita Utama | okezone | Senin, 30 September 2024 - 11:53
share

NIGERIA - Seorang penjaga kebun binatang diterkam hingga tewas oleh seekor singa di Nigeria barat daya. Insiden ini terjadi setelah ia dengan sengaja membiarkan tidak mengunci kandang singa saat hendak memberi makan hewan tersebut.

Korban, seorang pria berusia 35 tahun, bekerja di Taman Margasatwa Perpustakaan Kepresidenan, milik mantan Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo, di Abeokuta, ibu kota negara bagian Ogun.

Juru bicara polisi setempat Omolola Odutola mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa singa itu menyebabkan luka serius yang fatal di leher pria itu. Ia mengatakan singa itu kemudian ditembak agar melepaskan cengkeramannya pada pawang.

Menurut sebuah pernyataan dari Perpustakaan Kepresidenan Olusegun Obasanjo, penjaga kebun binatang itu mengajak beberapa tamu untuk melihat rutinitas makan singa itu setelah jam kerja pada Sabtu (28/9/2024) malam.

"Penjaga kebun binatang itu, tampaknya, merasa nyaman dengan hewan itu, membiarkan gerbang perlindungan keselamatan terbuka dan mulai memberi makan hewan itu. Ia diterkam oleh hewan itu dan mati di tempat,” terangnya.

“Untuk mencegah kejadian lebih parah pada petugas pawang maka singa itu langsung dibunuh oleh petugas taman,” lanjutnya.

 

Korban bernama Babaji Daule, yang digambarkan oleh polisi sebagai pawang singa yang terlatih.

Kejadian ini terjadi kurang dari setahun setelah penjaga kebun binatang lainnya diserang dan dibunuh oleh seekor singa di Universitas Obafemi Awolowo, juga di Nigeria barat daya.

Insiden ini telah memicu kekhawatiran dengan munculnya pertanyaan dari masyarakat tentang peraturan dan pengelolaan kebun binatang serta penanganan hewan liar di negara tersebut.

Topik Menarik