Sah! Teguh Setyabudi Jadi Pj Gubernur Jakarta

Sah! Teguh Setyabudi Jadi Pj Gubernur Jakarta

Terkini | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 10:28
share

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Teguh Setyabudi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta. Teguh diketahui menggantikan posisi Heru Budi Hartono yang habis masa jabatannya. 

Acara yang berlangsung di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024) itu juga dibarengi dengan pelantikan Pj Gubernur Papua Tengah baru yakni Anwar Harun Damanik. Dia menggantikan posisi Ribka Haluk yang akan menjadi menteri kabinet Prabowo Subianto.

“Demi Allah saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD NKRI Tahun 1945 dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” bunyi sumpah yang diucapkan Pj.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken aturan pemberhentian Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Pemberhentian tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 125P tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres Nomor 125P, tertanggal 16 Oktober 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur DKI Jakarta," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Kamis 17 Oktober 2024.

Presiden Jokowi memberhentikan Heru dan menggantinya oleh Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya, Terus menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pada Keppres tersebut, Presiden memberhentikan dengan hormat Bapak Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta dan mengangkat Bapak Teguh Setyabudi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta," kata Ari.

Topik Menarik