4 Kesalahan Umum Para Suami yang Bisa Picu Hancurnya Pernikahan

4 Kesalahan Umum Para Suami yang Bisa Picu Hancurnya Pernikahan

Terkini | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 21:30
share

SEIRING perkembangan jaman yang kompleks, rumah tangga dan pernikahan menjadi begitu rumit akhir-akhir ini. 

Orang-orang mudah jatuh cinta pada orang lain dan mereka juga dengan cepat dapat berpindah dari satu hubungan ke hubungan berikutnya.

Selain itu, dari pihak pria sebagai suami biasanya ada sederet kesalahan umum yang sering dilakukan pria yang tanpa mereka sadari dapat menghancurkan pernikahannya sendiri. Apa saja itu? Dilansir dari Times of India, Jumat, (18/10/2024), berikut uraiannya.

1. Menganggap Remeh Pasangannya: Pada awalnya hal ini mungkin terdengar sepele, tapi jika tidak ditangani, masalah ini dapat dengan cepat meningkat menjadi terkikisnya cinta di antara pasangan.

Selalu ingat, jatuh cinta dalam pernikahan merupakan sebuah keputusan yang harus dilakukan setiap harinya. Menghabiskan waktu berdua dengan pasangan bisa membantu membangun hubungan yang lebih baik.

2. Tidak Mendengarkan Pasangan: Wanita sering mengeluh bahwa suami mereka tidak mendengarkan mereka. Begitupun sebaliknya, pria sering mengeluh bahwa istri mereka tidak mendengarkan,  ketika mereka memberikan solusi atas masalah.

Namun para suami perlu mencatat bahwa ketika istri menceritakan masalah atau ketakutan dirinya sebetulnya seringkali mereka hanya ingin didengar alih-alih meminta solusi. Cukup mengangguk dan perlihatkan bahwa kalian mendengarkan secara aktif dan seksama pada apa yang mereka katakan. 

 

3. Tidak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga: Bukan rahasia lagi, banyak pria penganut paham patriarki yang masih menganggap bahwa mengurus rumah dan menjaga anak-anak adalah tugas seorang wanita. Ketika mereka tidak membantu pasangannya dalam hal itu, seringkali akan berujung pada agu argumentasi dan pertengkaran.

Membantu pasangan Anda dalam pekerjaan rumah tangga,  akan membuat ikatan yang kalian miliki terjalin dengan lebih baik dan dapat menciptakan hubungan rumah tangga yang sehat.

4. Tidak Menunjukkan Empati: Empati merupakan sebuah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan merupakan salah satu faktor terpenting agar hubungan yang sehat dapat berkembang. Ketika pasangan gagal memahami sudut pandang satu sama lain, mereka akan merasa tidak didengarkan dan diabaikan.

Topik Menarik