7 Destinasi Wisata Terkenal di Solo, Kampung Halaman Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka

7 Destinasi Wisata Terkenal di Solo, Kampung Halaman Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka

Terkini | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:47
share

JAKARTA - Kampung halaman Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka yang ada di Solo, Jawa Tengah menarik untuk diulas. Pasalnya, banyak sederet destinasi wisata nan indah dan berserjarah yang ada di sana. Seperti diketahui, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. 

Pelantikan Prabowo-Gibran digelar dalam Rapat Paripurna MPR RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Tak hanya di Jakarta, kemeriahan pelantikan tersebut juga terasa di kampung halaman keduanya. Salah satunya kampung halaman Gibran Rakabuming Raka, Solo, Jawa Tengah.

Nah, berikut beberapa spot destinasi wisata terkenal yang ada di Solo, melansir dari berbagai sumber.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Rumah bagi para Keluarga Kerajaan Hadiningrat ini sudah terkenal bagi para pengunjung dari dalam maupun luar negri. 

Daerah keraton ini dibagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti hinggil, Kemangungan, Sri Manganti, serta Kemagangan. 

Keraton Surakarta Hadiningrat juga menyediakan museum bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih mengenai sejarah dari Keraton tersebut. 

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Menyediakan pemandangan dan spot foto air terjun yang indah, Grojogan Sewu merupakan tempat yang disarankan bagi Anda yang ingin relaksasi dan menghirup udara segar. 

Merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa, tempat wisata di Solo Jawa Tengah mengharuskan wisatawan berjalan sebanyak 1.000 langkah sesuai dengan namanya. 

Grojogan Sewu

Tetapi perjalanannya tidak akan membosankan karena selama di perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan  kera liar di antara pohon-pohon hijau yang menyegarkan mata. 

3. Solo Safari

Solo Safari merupakan tempat wisata di Solo Jawa Tengah yang menawarkan wisata edukasi dengan luas 13,9 hektare. 

Foto: dok Taman Safari

Di sini Anda tidak hanya akan dikenalkan lebih dekat dengan satwa endemik Indonesia, tetapi Anda juga bisa berinteraksi dan berbagi kecerian di berbagai area hiburan yang tersedia. 

 

4. Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog adalah pilihan wisata alam di Solo yang wajib Anda kunjungi. Air terjun setinggi 30 meter ini terletak di lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, atau sekitar 41 km dari Solo. 

Air Terjun Jumog

Selain menyejukkan mata, Anda juga bisa berpiknik di tepi sungai dan merasakan pengalaman bermain di sungai yang mengalir pada bagian bawahnya, lho! 

5. Kampung Batik Kauman

Dikenal sebagai salah satu Kota Batik selain Pekalongan dan Yogyakarta, tentu tak lengkap singgah ke Solo tanpa berburu Batik. 

Salah satu tempat yang pas untuk menjelajahi keindahan Batik di Solo adalah Kampung Batik Kauman.

Kampung Batik Kauman Solo (Ig @explorekampungbatikkau)
Kampung Batik Kauman Solo (Ig @explorekampungbatikkau)

Beragam jenis batik, mulai dari batik tulis tradisional hingga batik modern bisa Anda temukan di sini. 

Tak sedikit wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri yang sengaja singgah ke obyek wisata Solo satu ini hanya untuk membeli Batiknya yang terkenal, lho.

 

6. Museum Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran merupakan pilihan obyek wisata edukasi di Solo yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Museum Sangiran

Museum ini tak cuma menyimpan berbagai koleksi fosil manusia dan hewan purba tetapi juga menjadi pusat penelitian kehidupan pra sejarah terlengkap di Asia, lho.

7. Benteng Vastenburg

Untuk menjelajahi sejarah di Solo, Benteng Vastenburg yang dibandung sejak 1745 ini merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa Anda sambangi.

Dibandung atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini awalnya merupakan pusan kontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Meskipun sebagian dari bangunan benteng ini sudah berupa puing-puing, masih ada sisa-sisa struktur kokoh dari saksi bisu pendudukan Belanda di daratan Jawa ini yang bisa Anda eksplorasi.

Topik Menarik