Profil Dito Ariotedjo, Menteri Era Jokowi yang Dipercaya Lagi Jadi Menpora Kabinet Prabowo Subianto

Profil Dito Ariotedjo, Menteri Era Jokowi yang Dipercaya Lagi Jadi Menpora Kabinet Prabowo Subianto

Terkini | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 21:35
share

PROFIL Dito Ariotedjo, menteri era Joko Widodo (Jokowi) yang dipercaya lagi jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kabinet Prabowo Subianto akan dibahas Okezone di artikel ini. Ya, Menteri termuda kabinet Jokowi itu kembali diamanatkan sebagai Menpora untuk periode 2024-2029.

Seperti yang diketahui, Dito Ariotedjo sejatinya bukanlah nama yang awalnya dipercaya untuk menjadi Menpora pada masa pembentukan Kabinet Indonesia Maju. Ia baru dipilih setelah Zainudin Amali memutuskan mundur dari jabatan Menpora.

Dilantik pada 3 April 2023, Menpora Dito menyelesaikan tugasnya pada 20 Oktober 2024. Namun, ia dipastikan masih terus melanjutkan tugas sebagai Menpora hingga lima tahun ke depan.

Pasalnya Dito lagi-lagi dipercaya menjadi Menpora di Kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming. Lantas siapa Dito Ariotedjo sampai ia kembali dipercaya menjadi Menpora di era Presiden Prabowo?

Bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu merupakan seorang aktivis sosial politik Indonesia kelahiran Jakarta, 25 September 1990. Ia lahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

Menpora Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dua kakak Dito yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo. Pada usianya yang ke 27, Dito menikah dengan Niena Kirana Riskyana pada 31 Maret 2018 dan kemudian dikaruniai seorang putri cantik bernama Sadia Kiera Nadashana.

Sebelum menjadi Menpora, Dito Ariotedjo pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi pemuda yang berada di bawah partai Golkar. Pria 34 tahun itu juga merupakan pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport pada 2021 lalu.

Topik Menarik