4 Ciri Imam Mahdi yang Akan Muncul pada Akhir Zaman Jelang Kiamat

4 Ciri Imam Mahdi yang Akan Muncul pada Akhir Zaman Jelang Kiamat

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:00
share

CIRI-ciri Imam Mahdi yang akan muncul pada akhir zaman menjelang hari kiamat dibahas dalam artikel berikut ini. Imam Mahdi dipercaya sebagai sosok yang ditunjuk oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menumpas kezaliman serta ketidakadilan.

Umat Islam bisa mengetahui ciri-ciri Imam Mahdi melalui penjelasan berbagai hadits. Mulai ciri fisik hingga kepribadian, semua sudah dibeberkan dalam hadits dan sepatutunya dipelajari. 

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/BntC4W5xwn4?si=ySLtA7xoE5-orU2y" title="YouTube video player" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture; web-share" referrerpolicy="strict-origin-when-cross-origin" allowfullscreen></iframe> 

Berikut ini penjelasan sosok Imam Mahdi menurut penjelasan hadits-hadits, sebagaimana telah Okezone himpun:

1. Tubuh seperti Bani Israil

Imam Mahdi dikatakan memiliki tubuh seperti Bani Israel dan juga warna kulit layaknya orang Arab.

اَلْمَهْدِي مِنْ وَلَدِي وَجْهُهُ كَالْكَوْكَبِ الدُّرِّيِ اللَّوْنِ لَوْنٌ عَرَبِيٌّ وَالِجسْمُ جِسْمٌ إِسْرَائِيْلِيٌّ يَمْلَأُ الأَرْضَ عَدْلاً كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا يَرْضَى لِخِلاَفَتِهِ أَهْلُ السَّمَاءِ وَأَهْلُ الأَرْضِ وَالطَّيْرُ فيِ الْجَوِّ يَمْلِكُ عِشْرِيْنَ سَنَةً

"Al-Mahdi dari anak keturunanku, bagai bintang kejora, warna kulitnya kearab-araban dan bentuk badannya seperti Bani Israil. Beliau akan memenuhi bumi dengan keadilan, setelah bumi dipenuhi kezaliman. Para penghuni langit dan bumi serta burung-burung di udara rela dengan kepemimpinan/kekhalifahannya. Ia berkuasa selama dua puluh tahun." (Ibnu Hajar, Al-Sawaa'iq Al-Muharrafah, 2/475) 

2. Hidung mancung

Hadits Sunan Abu Dawud nomor 3736 menggambarkan seperti apa bagian wajah seorang Imam Mahdi. Rupanya sosok yang pilih oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menghapuskan kezaliman di akhir zaman ini memiliki hidung mancung.

"عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “الْمَهْدِيُّ مِنِّي أَجْلَى الْجَبْهَةِ أَقْنَى الْأَنْفِ يَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِينَ”

"Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezaliman dan kekejaman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun." 

Topik Menarik