Kelelahan, Pendaki di Bukit Taman Safari Dievakuasi Tim SAR

Kelelahan, Pendaki di Bukit Taman Safari Dievakuasi Tim SAR

Terkini | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 00:02
share

BOGOR - Tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki di area perbukitan Taman Safari, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Pendaki tersebut harus dievakuasi karena mengalami kelelahan dan cidera kaki.

Komandan Unit Siaga SAR Bogor Ahmad Nur Iman, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu 20 Oktober 2024 malam. Awalnya, ada laporan meminta pertolongan dari pendaki di perbukitan Taman Safari.

"Dari Command Center Kabupaten Bogor melaporkan kepada rekan rescue terdapat 5 orang pendaki tracking dengan 1 teman mengalami sakit di bagian kaki dan tidak bisa berjalan karena mempunyai penyakit bawaan. Pelapor meminta bantuan petugas untuk mengevakuasi teman pelapor," kata Ahmad dalam keterangannya, Senin (21/10/2024).

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Rescue Damkar Kabupaten Bogor, relawan dan lainnya itu bergegas menuju lokasi tersebut. Upaya pencarian dilaksanakan dengan metode Explor SAR (E-SAR) sampai kurang lebih 2 kilometer dari lokasi kejadian.

"Pencarian juga dilakukan dengan  secara visual melalui jalur darat di sepanjang jalur pendakian perbukitan Taman Safari," jelasnya.

Hingga akhirnya, pendaki bernama M. Dwi (20) yang mengalami kelelahan dan cidera bersama teman-temannya ditemukan oleh tim SAR. Selanjutnya, pemuda tersebut dievakuasi oleh petugas.

"Korban kita evakuasi ke klinik untuk proses selanjutnya," pungkasnya.
 

Topik Menarik