4 Menteri dan Wakil Menteri yang Berasal dari Sumut di Kabinet Prabowo-Gibran, Nomor 1 Profesor Bidang Cognitive Science Lulusan Harvard

4 Menteri dan Wakil Menteri yang Berasal dari Sumut di Kabinet Prabowo-Gibran, Nomor 1 Profesor Bidang Cognitive Science Lulusan Harvard

Nasional | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:38
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka secara resmi melantik 48 menteri dan 5 pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Adapun nama-nama yang dilantik ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode Tahun 2024-2029, yang ditetapkan pada tanggal 20 Oktober 2024.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Presiden Prabowo Subianto sebelumnya, dirinya ingin membuat Kabinet Merah Putih yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Sumatera Utara.

Pada Kabinet Merah Putih ini, terdapat setidaknya 4 tokoh asal Sumatera Utara yang masuk ke dalam kabinet. Adapun empat tokoh ini hanya ada satu nama yang menduduki kursi menteri dan tiga lainnya menduduki kursi wakil menteri.

Berikut adalah 4 menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto yang berasal dari Sumatera Utara.

1. Stella Christie

Nama tokoh asal Sumatera Utara terakhir yang menjadi bagian Kabinet Merah Putih adalah Stella Christie. Sebagai profesor yang menjadi guru besar di Tsinghua University, Stella mendapat amanah untuk menjadi Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

Sebagai seorang akademisi, Stella Christie telah mendapatkan banyak penghargaan di dunia keilmiahan. Oleh karena itu, perempuan kelahiran Medan, 11 Januari 1979 ini sangat cocok untuk menjadi Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.


2. Otto Hasibuan

Lawyer kondang Tanah Air, Otto Hasibuan juga masuk ke dalam Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Lahir di Pematang Siantar, 05 Mei 1955, Otto ditunjuk sebagai Wakil Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Otto Hasibuan memang bukan sosok asik di bidang hukum. Sebagai lulusan universitas ternama di Indonesia dan luar negeri, dirinya telah banyak menangani kasus besar termasuk kasus kopi sianida milik Jessica Kumala Wongso.

3. Romo HR Muhammad Syafii

Tokoh asal Sumatera Utara lainnya yang masuk ke jajaran kabinet Prabowo-Gibran adalah Romo HR Muhammad Syafii. Kader partai Gerindra ini ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Agama.

 

Di dunia politik, Romo HR Muhammad Syafii bukanlah sosok yang asing. Lahir di Medan 61 tahun silam, ia sempat menjadi anggota DPRD Medan dan DPRD Sumatera Utara sebelum menjadi anggota DPR RI. Sebagai lulusan S3 Tafsir Quran, wajar jika dirinya menjadi Wakil Menteri Agama.

4. Maruarar Sirait

Satu-satunya menteri di kabinet Prabowo-Gibran yang berasal dari Sumatera Utara adalah Maruarar Sirait. Namanya ditunjuk sebagai Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Maruarar Sirait merupakan pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 23 Desember 1969. Dirinya sudah terjun di dunia politik sejak lama dan pernah beberapa kali masuk ke pemerintahan. 

Sebagai mantan kader PDIP yang pindah ke Gerindra, Maruarar Sirait pernah duduk di Komisi XI DPR RI pada 2004 hingga 2009. Harapannya, ia dapat mengemban amanah menteri dengan sebaik-baiknya.

Itulah 4 menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto yang berasal dari Sumatera Utara.
 

Topik Menarik