5 Makanan Harus Dikonsumsi ketika Perut Mual

5 Makanan Harus Dikonsumsi ketika Perut Mual

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:30
share

MUAL merupakan sebuah sensasi tidak nyaman di perut dan membuat seseorang ingin muntah. Mual dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti salah mengonsumsi makanan, mabuk perjalanan, masalah kesehatan, ataupun hal lainnya.

Mengatasi permasalahan pencernaan ini bukanlah suatu hal yang mudah, namun perlu diketahui bahwa jenis makanan yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi saat perut terasa mual, sedikit banyak bisa membantu agar kita merasa lebih baik.

Melansir NDTV Food, Rabu (23/11/2024), berikut paparan lima makanan yang harus dikonsumsi saat merasa mual

1. Jahe: Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada StatPearls, senyawa bioaktif dalam jahe akan berinteraksi dengan sistem saraf untuk meredakan mual. Tak perlu mengonsumsi jahe banyak-banyak, cukup dengan meminum sedikit teh jahe atau beberapa irisan jahe, Anda akan segera merasa lebih baik.

Teh jahe (Jcomp/Freepik)
Teh jahe (Jcomp/Freepik)

2. Roti Tawar Panggang: Tipikal hambar dan tak beraroma menyengat, roti tawar panggang menjadi salah satu pilihan yang dapat anda konsumsi. Namun pastikan untuk jangan pakai tambahan mentega atau selai ya!

 

3. Pisang: Tekstur buah yang lembut dan rasa yang agak manis sangat cocok untuk menenangkan perut Anda. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, yang dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang mungkin hilang saat muntah sehingga dapat memberikan tambahan energi yang sangat dibutuhkan.

4. Nasi atau Kentang Hambar: Selain mudah disiapkan, juga tinggi kalori sehingga dapat membantu menenangkan perut dan memberi energi. Pastikan untuk tidak menambahkan mentega, rempah-rempah, atau saus.

5. Saus Apel: Saus apel merupakan pilihan yang tepat ketika anak-anak merasa mual. Makanan ini ini tidak hanya manis dan mudah dicerna; tetapi juga mengandung pektin, yang dapat membantu menenangkan lapisan perut dan mengatur pencernaan. Cukup minum sesendok setiap kali perut terasa mual.

Topik Menarik