Pengumuman! Prabowo Hapus Utang Petani dan Nelayan Pekan Depan

Pengumuman! Prabowo Hapus Utang Petani dan Nelayan Pekan Depan

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:13
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk memutihkan utang para nelayan dan petani terhadap perbankan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus adik kandung Presiden Terpilih Prabowo, Hashim Djojohadikusumo. Menurutnya ada sekitar 6 - 9 juta petani dan nelayan di Indonesia yang masih terlilit utang dengan perbankan. Utang-utang tersebut sebagian adalah utang di masa lamapu sejak terjadinya krisis moneter 1998.

"Mungkin minggu depan, pak Prabowo akan teken suatu Perpres pemutihan. Sedang disiapkan oleh Menteri Hukum, semua sudah sesuai, mungkin minggu depan beliau akan tandatangan pemutihan (utang petani dan nelayan)," kata Hahsim di Menara Kadin, Rabu (23/10/2024).

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMi8xLzE4NjI1Ny8zL2dIMW5wTXZBNVow" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Lebih lanjut, Hahsim menjelaskan dengan terganjalnya tagihan para nelayan dan petani itu, membuat mereka mengambil cara untuk meminjam uang kepada rentenir. Sebab sudah tidak lagi bisa mengambil pinjaman ke bank jika tersangkut tagihan lama tersebut.

"Mereka tidak boleh pinjam lagi ke perbankan, setiap masuk ke SLIK di tolak, ini hak tagih tidak dihapus di bank, sehinga mereka harus ke pinjol," tambahnya.

Topik Menarik