Terungkap, Alasan Wapres Gibran Tancap Gas Blusukan Usai Dilantik

Terungkap, Alasan Wapres Gibran Tancap Gas Blusukan Usai Dilantik

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:45
share
DEPOK - Kebanyakan masyarakat awam mengetahui kegiatan ritual keagamaan umat Tionghoa dilakukan. Namun ternyata salah. Karena sebenarnya kegiatan ritual hanya dilakukan di Li Tang.

Seperti pada perayaan tahun baru China atau imlek kali ini, seluruh umat Tionghoa selalu melakukan ritual sembahyang di Li Tang sebagai tempat ibadah.

Berbeda dengan Li Tang, Klenteng dikhususkan bagi tokoh-tokoh Tionghoa serta orang-orang suci yang mengembangkan kebajikan, dan tidak ada sedikit pun kegiatan keagamaan.

Ketua Bidang Pendidikan Li Tang Makin Panmas Depok, JS Wi Chandra yang ditemui okezone menjelaskan, banyak masyarakat awam yang belum dapat membedakan antara Klenteng dan Li Tang.

"Masih banyak yang salah sebut, ibadah yang saat ini kita lakukan adalah di Li Tang," jelasnya, akhir pekan lalu.

Perbedaan yang paling menonjol secara fisik dari kedua tempat tersebut, yakni Li Tang hanya memiliki sedikit patung sebagai dekorasi di dalamnya dan memperbanyak gambar para leluhur.

Sedangkan Klenteng sebaliknya. Ruangan di dalamnya lebih banyak dipadati oleh patung. "Hal itu karena untuk fokus ibadah di Li Tang, kita tidak menyembah patung, yang kita sembah Tuhan, Nabi, dan para leluhur," ujar Chandra.

Li Tang di Depok berada di 2 lokasi yaitu di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Cimanggis, dan Jalan Pitara, Kecamatan Pancoran Mas. Kedua Li Tang tersebut kini dipadati umat Tionghoa di Depok untuk menyambut hari raya Imlek.

Umumnya umat Tionghoa yang tinggal di Depok dan sekitarnya selalu rutin beribadah di Li Tang setiap hari Minggu. Total dengan total jemaah Tionghoa yang rutin mengunjungi Li Tang sejumlah 2.500 orang.

Topik Menarik