Pilkada Banten, Airin-Ade Sodorkan Berdikari hingga Gemilang Atasi Masalah Lingkungan

Pilkada Banten, Airin-Ade Sodorkan Berdikari hingga Gemilang Atasi Masalah Lingkungan

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 23:54
share

JAKARTA - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi menyoroti isu lingkungan, terutama dalam mendukung transformasi ekonomi hijau dan biru. Keduanya pun berkomitmen memastikan keberlanjutan lingkungan sebagai bagian integral dari pembangunan di masa depan.

"Persoalan lingkungan berkaitan dengan sustainability atau keberlanjutan. Artinya, kita harus mampu mewariskan lingkungan yang sehat di masa depan. Karena itu, transformasi hijau harus kita dorong lebih maksimal,” ujar Airin dalam keterangannya usai silaturahmi di Lebak, dikutip, Rabu (23/10/2024). 

Airin menegaskan, keberlanjutan adalah kunci, dan generasi mendatang berhak mewarisi lingkungan yang sehat. Salah satu program unggulan mereka adalah transisi karbon hijau, yang akan memanfaatkan nilai ekonomi karbon dari hutan konservasi melalui perdagangan karbon. 

Program ini diwujudkan melalui inisiatif Bersama Lindungi Kawasan Konservasi (Berdikari), yang mencakup pemberian insentif kepada pengelola hutan dan penegakan hukum yang lebih ketat terhadap pelanggar konservasi.

Di sektor pariwisata, Airin dan Ade meluncurkan program Bersama Memajukan Wisata Hijau (Bersatu), yang bertujuan memanfaatkan potensi kehutanan untuk pengembangan wisata olahraga berbasis lingkungan. 

Mereka juga akan meningkatkan aksesibilitas dan revitalisasi sarana di objek wisata seperti Geopark Bayah Dome di Lebak dan Geopark Ujung Kulon di Pandeglang, yang diakui sebagai warisan dunia.

"Kita punya taman bumi atau geopark sebagai wisata dunia. Harus didorong aksesibilitas dan revitalisasi sarana serta memperkuat branding Geopark Bayah Dome di Kabupaten Lebak dan Geopark Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang, sebagai warisan dunia,” katanya. 

Untuk mendukung pengembangan ekonomi hijau, pasangan ini memperkenalkan program Gerakan Memajukan Industri Ramah Lingkungan (Gemilang). Program ini memberikan insentif dan kemudahan bagi usaha di sektor ramah lingkungan, sekaligus menciptakan lapangan kerja sektor hijau atau green jobs.

 

"Sejalan dengan konsep ekonomi biru, dalam transformasi hijau kita perlu mengembangkan wisata konservasi dalam rangka menghijaukan, melindung, dan melestarikan ekosistem pesisir,” katanya.

Airin juga menyoroti sektor pertanian, terutama di wilayah Lebak dan Pandeglang yang merupakan sentra pangan Banten. Airin menekankan pentingnya penguatan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) dengan memastikan ketersediaan bibit, pupuk, dan akses kredit usaha tani untuk mendukung ketahanan pangan.

Perbaikan infrastruktur, khususnya jalan poros desa, sebagai prioritas dalam mendukung transformasi ekonomi hijau juga menjadi perhatiannya. Setelah mengunjungi hampir 95 persen desa di Lebak dan Pandeglang, ia melihat langsung tantangan yang harus diatasi untuk mempercepat pembangunan berkelanjutan di daerah tersebut.

"Kita harus dan prioritas diperbaiki dan dibangun adalah, jalan poros desa,” pungkasnya.

Topik Menarik