RK Datang ke Baksos Relawan Gatot Kaca Periksa Mata Gratis, Tampung Curhatan Warga

RK Datang ke Baksos Relawan Gatot Kaca Periksa Mata Gratis, Tampung Curhatan Warga

Terkini | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 22:19
share

JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil (RK) menghadiri bakti sosial pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis yang diselenggarakan Relawan Gatot Kaca. Kegiatan itu digelar di kawasan Tembok Bolong, Jalan Muara Baru RT 01/RW 17, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Kamis 24 Oktober 2024.

RK tiba pada pukul 16.00 WIB. Adapun kegiatan berlangsung dari pukul 16.00 hingga 17.00 WIB. Kehadiran RK disambut meriah oleh Hadroh Karang Taruna Kelurahan Muara Baru yang menyajikan musik tradisional islami.

Bukan hanya menyapa, RK juga mendengarkan berbagai keluhan warga. Di antaranya, soal kepemilikan sertifikat tanah dan sulitnya akses air bersih.

"Masalah utama di sini air bersih dan sertifikat tanah. Kami belum punya sertifikat untuk rumah-rumah kami, ini bikin kami khawatir kalau ada penggusuran nanti. Air juga susah, Pak. Kami pakai air sumur tapi kotor," kata salah satu warga, Kokom kepada RK, dikutip dalam keterangannya, Jumat (25/10/2024).

Sementara menurut RK, setiap wilayah memiliki berbagai persoalannya sendiri. Ia pun menekankan dalam menyelesaikan diperlukan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Setelah menampung keluhan warga, RK mengaku akan kembali ke Penjaringan untuk memetakan solusi yang tepat atas persoalan yang dihadapi warga. "Setiap kampung punya masalah yang berbeda-beda, di sini masalahnya air dan sertifikat tanah. Saya janji akan kembali lagi untuk mencari solusi terbaik buat warga di sini," ujarnya.

Kegiatan pemeriksaan mata gratis sendiri mendapat antusias masyarakat. Bahkan, sejak registrasi dibuka pada pukul 14.00 WIB, lebih dari 300 warga mendaftarkan diri. Lantaran keterbatasan, hanya 250 kacamata yang bisa dibagikan.

 

"Terima kasih kepada Relawan Gatot Kaca, ini sangat membantu kami. Banyak di antara kami yang mengalami gangguan penglihatan tapi tidak punya cukup uang untuk periksa mata, apalagi beli kacamata," ujar Kokom, salah seorang warga.

Acara yang sebelumnya dijadwalkan selesai pukul 17.00 WIB akhirnya dilanjutkan hingga malam hari dan baru selesai sekitar pukul 21.00 WIB. Molornya waktu karena tingginya antusias warga.

Sekretaris Jenderal Relawan Gatot Kaca, Sinar Shinta mengungkapkan, program ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian Relawan Gatot Kaca terhadap masyarakat, khususnya soal kesehatan. "Program ini adalah wujud kepedulian kami terhadap masyarakat, terutama dalam memberikan akses kesehatan dasar seperti pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis," ujarnya.

"Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan mendasar masyarakat bisa terpenuhi, sehingga mereka dapat menjalani hidup dengan lebih nyaman dan sehat," imbuhnya.

Kegiatan semacam ini, kata Koordinator lapangan kegiatan, Asep Syaiful, akan terus digelar di berbagai daerah, terutama daerah yang sulit mengakses layanan kesehatan. Hal ini juga selaras dengan harapan warga yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.
 

Topik Menarik