Tim KPBU Aceh Barat dan Bappenas Besok Gelar FGD Bahas Jalan dan Penanganan PDAM Meulaboh

Tim KPBU Aceh Barat dan Bappenas Besok Gelar FGD Bahas Jalan dan Penanganan PDAM Meulaboh

Terkini | portalaceh.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:00
share

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Tim Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Kabupaten Aceh Barat akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Pertemuan tersebut bertujuan membahas proyek preservasi jalan Kabupaten dan penanganan PDAM Tirta Meulaboh yang selama ini tidak berfungsi normal.

Kegiatan pertemuan ini dijadwalkan berlangsung di Main Hall PT Penjamin Infrastruktur Indonesia, Gedung Capital Place Lantai 7, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024 mendatang. Kata Kadis PUPR Aceh Barat, Dr. Ir. Kurdi, ST, MT, IPM, Asean-Eng. 

Kurdi menyebutkan, bahwa FGD ini merupakan bagian dari kegiatan capacity building yang diselenggarakan oleh PPN/Bappenas untuk membahas secara mendalam skema KPBU. 

"Melalui kegiatan FGD ini, kami akan membahas rencana preservasi jalan kabupaten dan penanganan PDAM Tirta Meulaboh, yang keduanya merupakan proyek strategis bagi pengembangan infrastruktur di Aceh Barat," kata Kurdi, Selasa (01/10/2024).

Dalam FGD tersebut akan diisi oleh lima narasumber ahli di bidang KPBU, salah satunya adalah Brahmantio Isdijoso, Direktur Dukungan Pemerintah Infrastruktur Kemenkeu, yang akan memaparkan mengenai dukungan pemerintah terhadap proyek KPBU.

Selain itu, Muhammad Wahid Sutopo, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), akan membahas skema penjaminan pemerintah pada proyek Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha (KPDBU).

Selain itu, Kurniawan Ariadi, Direktur Pengembangan Pendanaan Pembangunan dari Kementerian PPN/Bappenas, akan memberikan materi tentang implementasi skema KPDBU dalam penyediaan infrastruktur. 

Hendra Fitra, Pelaksana Tugas Direktur Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri, juga akan membahas mekanisme pembayaran availability payment (AP) dalam proyek KPBU.

Dr. Kurdi, mewakili Tim KPBU Kabupaten Aceh Barat, juga akan menyampaikan pemaparan terkait rencana preservasi jalan kabupaten yang rencananya akan dimanfaatkan sebagai jalur lintas hauling batubara.

"Kami akan memberikan gambaran mengenai bagaimana jalan kabupaten ini nantinya dimanfaatkan untuk transportasi hauling, serta rencana pengelolaan PDAM Tirta Meulaboh," ungkapnya.

FGD ini akan diikuti oleh stakeholder dari Kabupaten Aceh Barat, masyarakat, serta pihak terkait lainnya yang juga dapat berpartisipasi melalui platform zoom meeting.

 

"Dua program utama yang akan dibahas dalam FGD ini adalah preservasi jalan kabupaten yang akan dimanfaatkan sebagai lintas hauling dan penanganan PDAM Tirta Meulaboh," pungkasnya.

Topik Menarik