Aceh Tengah Dilanda Longsor Hingga Banjir Bandang

Aceh Tengah Dilanda Longsor Hingga Banjir Bandang

Terkini | portalaceh.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:50
share

TAKENGONiNewsPortalAceh.id- Akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Tengah pada Rabu (03/09/2024) kemarin mengakibatkan terjadinya bencana alam seperti longsor, pohon tumbang, hingga banjir bandang.

Berdasarkan informasi yang diterima Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah, Andalika, menyampaikan bahwa hujan lebat pada 2 Oktober 2024 ini memicu terjadinya bencana alam di beberapa lokasi di wilayah Aceh Tengah.

Informasi ini ia terima atas laporan dari kepala desa dan pihak terkait, Andalika menyebutkan dalam peristiwa itu menyebabkan sejumlah rumah warga terdampak.

Adapun nama-nama wilayah yang terdampak bencana alam diantaranya Kampung Atu Singkih, Kecamatan Rusip Antara, Banjir bandang yang mengakibatkan air dan lumpur masuk ke enam unit rumah.

Kampung Pantan Tengah, Kecamatan Rusip Antara, Tanah longsor menutup jalan nasional (Pameu-Geumpang).

Kampung Wih Kiri, Kecamatan Rusip Antara, Tanah longsor yang menutupi akses jalan lintas kabupaten (Pilar-Wih Kiri).

Kampung Arul Pertik dan Mekar Maju: Tanah longsor menutup jalan kabupaten Sp. Pantan Pertik-Mekar Maju.

Kampung Jerata, Kecamatan Silih Nara, Banjir bandang menyebabkan air dan lumpur masuk pemukiman dan ke rumah-rumah warga.

Kampung. Waq (Ketapang) Kecamatan Linge, Pohon Tumbang yang menutupi badan Jalan Nasional ( Uning-Ise ise).

 

Untuk penanganan darurat, Tim TRC BPBD Aceh Tengah turun ke lokasi-lokasi terdampak untuk membersihkan longsoran yang menutup badan jalan dengan alat berat serta melakukan pendataan terhadap kerusakan yang terjadi.

“Tim juga akan melakukan pendataan terhadap kerusakan atau dampak yag ditimbulkan akibat bencana,” kata Andalika.

Topik Menarik