Hasil Musyawarah, Persatuan Ulama Dukung Paslon ASIH di Pilgub Jabar dan YAKIN di Pilbup Purwakarta

Hasil Musyawarah, Persatuan Ulama Dukung Paslon ASIH di Pilgub Jabar dan YAKIN di Pilbup Purwakarta

Terkini | purwakarta.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 22:10
share

PURWAKARTA, iNews.id - Persatuan Ulama Purwakarta (PUP) mendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (ASIH).

Hal itu disampaikan Kiai Muhammad Syahid Joban, salah satu ulama yang tergabung dalam PUP usai musyawarah atau Mudzakaroh ke-XI di Pondok Pesantren Al-Islam Purwakarta, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Minggu (20/10/2024).

"Para ulama se-Kabupaten Purwakarta, termasuk di antaranya dari berbagai wilayah di Jawa Barat, telah bersepakat mendukung pasangan ASIH," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa hasil musyawarah tersebut juga bagian untuk deklarasi dukungan terhadap pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (ASIH).

"Setelah melalui muzakarah, Persatuan Ulama Purwakarta menyerukan kepada seluruh umat islam untuk memilih pemimpin yang dekat dengan islam, dekat dengan agama, yaitu pasangan ASIH," bebernya.

 

Ia menjelaskan, PUP memandang sosok Ahmad Syaikhu sebagai seorang pemimpin yang saleh dan baik. 

"Secara dhohir kami meyakini Ahmad Syaikhu pemimpin yahng amanah, jauh dari kemunkaran dan kemusyrikan," ujar Kiai Joban.

Adapun untuk di Purwakarta, sambungnya, PUP menyerukan untuk memilih pasangan Yadi-Kang Pipin atau Yakin. 

"PUP dan Yakin telah menyepakati beberapa hal, di antaranya Yakin siap menegakkan perda antimaksiat dan mengembalikan Purwakarta menjadi Kota Tasbeh," ucap Kiai Joban.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua DPD Nasdem Purwakarta Luthfi Bamala, salah satu partai yang mengusung Yadi-Pipin mengaku bahagia atas dukungan para ulama. 

 

"Syukur Alhamdulillah, Persatuan Ulama Purwakarta mendukung pasangan ASIH dan Yakin. Insyaallah gelombang dukungan masih akan terus berdatangan," kata Luthfi.

Disebutkannya, ketika seorang kiai atau ulama telah menentukan sikap maka seluruh jemaahnya akan patuh. 

"Insyaallah dukungan para ulama ini juga diridai Allah SWT," ujarnya.

Disinggung terkait elektabilitas pasangan Yakin, Luthfi optimis semakin menunjukkan tren positif. 

"Untuk mempertegas hal itu, kami akan melakukan riset survei akhir bukan ini. Insyaallah hasilnya sangat positif," ucap Luthfi.

 

Senada, Yadi Rusmayadi mengaku semakin optimis pada kontestasi Pilkada Purwakarta ini. 

"Suntikan dukungan para ulama adalah hal yang luar biasa bagi kami. Saya dan Kang Pipin Sopian semakin optimis," kata Yadi.

Semantara itu, tema yang diangkat pada musyawarah tersebut adalah 'Eksistensi Peran Ulama dalam menyikapi Pilkada dan Pilgub 2024'.

Turut hadir Ketua Forum Ulama Umat Indonesia Athian Ali M Dai, Pimpinan Ponpes Al-Islam Ridwan Syah Alam dan Pimpinan Lembaga Dakwah Manhajus Solihin, Muhammad Syahid Joban. ***

 

Topik Menarik