Dikalahkan China, Rangking FIFA Timnas Indonesia Anjlok 3 Tingkat

Dikalahkan China, Rangking FIFA Timnas Indonesia Anjlok 3 Tingkat

Olahraga | semarang.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 08:50
share

QINGDAO, iNewsSemarang.id - Kabar buruk menimpa Timnas Indonesia pasca dikalahkan China 1-2 pada laga keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasalnya, rangking FIFA Squad Garuda itu menjadi turun tiga peringkat. 

Bertamu ke Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10) malam, markas Timnas China, Tim Garuda pulang dengan kekalahan 1-2. Kesalahan Shayne Pattynama membuat Timnas Indonesia kecolongan gol Behram Abduweli pada menit ke-21. 

Kemudian, kelengahan pertahanan membuat Zhang Yuning (44') membawa tuan rumah unggul dua gol. Timnas Indonesia baru bisa memperkecil ketertinggalan lewat tembakan Thom Haye (86’). Tim Garuda tampil terus menekan, namun tak ada gol tambahan.

Itu menjadi kekalahan pertama Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Setelah menuai hasil imbang kontra Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2), Tim Garuda malah kehilangan poin di markas China. 

Ranking FIFA Timnas Indonesia Turun 3 Tingkat

Menurut Footy Rankings, hasil ini memengaruhi ranking FIFA Timnas Indonesia. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong sempat naik ke peringkat 127 setelah mendapatkan tambahan 4,39 poin hasil imbang 2-2 kontra Bahrain, Kamis (10/10/2024). 

Namun, kekalahan dari China membuat Timnas Indonesia kehilangan 9,69 poin. Alhasil, Tim Garuda kembali harus anjlok tiga tingkat ke peringkat 130 dunia dengan torehan 1.118,87 poin.

Buat Timnas China, ini menjadi kemenangan perdana mereka dalam putaran ketiga kualifikasi. Sebelumnya, mereka gagal meraih poin di tiga laga awal usai kalah dari Jepang (0-7), Arab Saudi (1-2), dan Australia (1-3). 

Dalam ranking FIFA, kemenangan ini membuat Negeri Tirai Bambu naik satu tingkat ke peringkat 93 dunia. Mereka kini memiliki 1.257,29 poin setelah mendapatkan tambahan 9,69 angka. 

 

Hasil ini pun membuat persaingan di Grup C semakin ketat. Indonesia mogok di peringkat kelima dengan tiga poin, setara dengan China yang belum beranjak dari dasar klasemen. 

Puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan 10 poin. Di bawahnya ada tiga tim, yakni Australia, Arab Saudi dan Bahrain yang memiliki poin sama-sama 5. 

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang bulan depan. Tim Garuda akan menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 dan 19 November 2024. (Arni Sulistiyowati) 

 

Topik Menarik