Banyak Anggota ASEAN Kepincut BRICS, Jepang Khawatir

Banyak Anggota ASEAN Kepincut BRICS, Jepang Khawatir

Terkini | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 14:13
share

Pakar hubungan internasional Jepang menyatakan kekhawatirannya tentang keinginan Thailanduntuk bergabung dengan BRICS.Keputusan Thailand dan negara anggota ASEAN lainnya untuk bergabung dengan BRICS dinilai bisa menjadi titik perpecahan bagi organisasinegara-negara Asia Tenggara ini.

Masafumi Ishii, seorang profesor tambahan khusus di Fakultas Hukum di Universitas Gakushuin dan mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, memperingatkan bahwa keputusan Thailand untuk bergabung dengan BRICS dapat menjadi titik perpecahan bagi ASEAN. Hal ini, kata dia, karena ada kandidat potensial lain di kawasan Asia Tenggara yang mungkin mengajukan keanggotaan BRICS, seperti Kamboja dan Laos, setelah Thailand.

Saat ini, dua anggota ASEAN yaitu Thailand dan Malaysia, telah menunjukkan niat mereka untuk bergabung dengan BRICS guna meningkatkan ekonomi mereka. "Jadi, sekarang dua dari 10 (negara anggota ASEAN yang ingin bergabung dengan BRICS), tetapi jika ada dua lagi - Kamboja dan Laos, empat dari 10 akan berdampak besar," katanya seperti dikutip dari Bangkok Post, Selasa (1/10/2024). "Namun, ASEAN pasti sulit untuk mengatakan apa pun tentang pilihan negara lain karena ASEAN tidak boleh mencampuri negara lain, terutama kebijakan luar negeri mereka."

Baca Juga: BRICS Bakal Menerima Selusin Anggota Baru, Ada Indonesia?

Ishii mengatakan bahwa persatuan ASEAN penting bagi blok tersebut dan menyarankan Thailand untuk membahas masalah tersebut dengan anggota ASEAN lainnya sebelum melanjutkan niatnya. Jika tidak, Ishii menilai Thailand mungkin berisiko memicu titik puncak perpecahan bagi ASEAN. "(Potensi perpecahan) ini adalah sesuatu yang dikhawatirkan Jepang," tambahnya.

Namun, tegas dia, Jepang perlu berhati-hati untuk tidak mengatakan sesuatu yang memecah belah karena menghormati kebebasan memilih negara-negara ASEAN. Ishii menegaskan, ASEAN penting bagi kebijakan luar negeri Tokyo karena blok tersebut membantu menjaga persatuan negara-negara di kawasan tersebut.

Meskipun ASEAN memilih untuk berpisah atau tidak, lanjut dia, Jepang akan berusaha sebaik mungkin untuk menyatukan negara-negara di kawasan itu, seraya mencatat bahwa Jepang akan berusaha untuk tidak kehilangan ASEAN karena "pihak lain". "Kami bertanya-tanya apakah (bergabung dengan Brics) akan menjadi titik awal perpecahan itu. Kami mencermatinya dengan seksama," katanya. "Jika negara lain mulai mengikuti tanpa adanya diskusi internal ASEAN, itu akan meningkatkan kekhawatiran kami."

Ishii berbicara dalam sebuah ceramah baru-baru ini yang diadakan di Tokyo bagi para jurnalis di kawasan Asia Tenggara untuk bertukar pengetahuan tentang ASEAN dan Jepang. Selama program tersebut, para jurnalis ASEAN bertemu dengan tokoh-tokoh Jepang dari berbagai latar belakang dan membahas isu-isu bilateral di kawasan tersebut.

Namun demikian, Asisten Menteri Luar Negeri Jepang dan Direktur Jenderal Departemen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Ryo Nakamura mengatakan bahwa ia yakin keputusan Thailand untuk bergabung dengan BRICS tidak akan memengaruhi kepercayaan Jepang terhadap Thailand dan ASEAN secara keseluruhan.

"Pemerintah Jepang tidak ragu-ragu tentang Thailand yang mempromosikan dirinya untuk bergabung dengan BRICS," katanya, seraya menambahkan bahwa setiap negara harus mempertimbangkan jenis kerja sama yang dibutuhkannya, dan dengan negara mana.

Selain itu, kata Nakamura, ada anggota BRICS yang memiliki hubungan dekat dengan Jepang, seperti India dan Brasil. "Kita semua tahu seperti apa kelompok BRICS itu. Setiap negara punya kepentingan dan cara berpikirnya sendiri," katanya. "Saya tidak dalam posisi untuk menjelaskan mengapa Thailand ingin bergabung dengan BRICS."

Nakamura mengatakan bahwa ia telah menunjukkan bahwa ASEAN adalah kerangka regional yang unik, yang terdiri dari berbagai sistem politik, budaya, norma, sejarah, dan agama, namun tetap bersatu, memunculkan karakteristik unik untuk membuat kawasan ini kuat.

Baca Juga: Rusia Sebut Kerja Sama Global Tidak Mungkin Dipulihkan Imbas Kesalahan Barat

Dia menambahkan, Indonesia adalah anggota ASEAN terbesar dalam hal ukuran, sementara Vietnam adalah anggota yang sangat diperlukan dan salah satu pilar ASEAN yang paling kuat. Sementara itu, Thailand adalah inti lama Subkawasan Mekong, tambahnya.

Selama KTT ASEAN tahun lalu, tegas dia, memperkuat persatuan dan solidaritas ASEAN adalah salah satu pendekatan Jepang. "Ada banyak organisasi internasional, tetapi di mata saya, ASEAN adalah yang paling sukses," katanya. "Anda telah berhasil dengan kolaborasi semacam itu dalam 50–60 tahun terakhir, dengan negara-negara anggota saling menghormati dan bekerja sama tanpa memandang masalah."

Terkait dengan iu, dia mendesak ASEAN untuk terus bersatu. "ASEAN harus kuat dan bersatu sehingga kawasan ini dapat mengatasi kekuatan eksternal," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Thailand mengusulkan agar kerajaan tersebut bergabung dengan BRICS untuk memperluas kesempatannya dalam pembuatan kebijakan internasional dan memperkuat perannya sebagai pemimpin di antara negara-negara berkembang. Kabinet baru-baru ini menyetujui rancangan surat pernyataan Thailand.

Rancangan tersebut menekankan upaya Thailand yang sejalan dengan prinsip-prinsip BRICS, seperti mengutamakan multilateralisme dan meningkatkan representasi negara-negara berkembang dalam sistem internasional. Kementerian Luar Negeri mengatakan bergabung dengan BRICS akan menguntungkan Thailand, dengan meningkatkan peran Thailand di panggung internasional dan meningkatkan prospeknya untuk menjadi pembuat kebijakan ekonomi internasional.

Topik Menarik