Tim PPM UI Gelar Literasi Sadar Bencana dan Sosialisasi Mitigasi Bagi Remaja

Tim PPM UI Gelar Literasi Sadar Bencana dan Sosialisasi Mitigasi Bagi Remaja

Terkini | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:49
share

Tim Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (PPM UI) 2024 gelar program pengabdian masyarakat untuk meningkatkan literasi sadar bencana dan sosialisasi mitigasi bencana kepada remaja. Kegiatan ini diikuti 200 siswa kelas 10 dan 11 SMA Kharisma Bangsa.

Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) melalui Hibah PPM UI 2024 .

Tim pengabdi terdiri dari dosen, alumni dan mahasiswa dari Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) serta mahasiswa dari program studi Geologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia.

Baca juga: Vokasi UI Gelar Edukasi Pengelolaan Limbah di Kampung Batik Cibuluh Bogor

Menurut ketua tim pengabdi, Shobichatul Aminah, literasi sadar bencana dan sosialisasi mitigasi bencana perlu diberikan sedini mungkin. Sekolah menjadi tempat yang ideal untuk melaksanakan kegiatan literasi dan sosialisasi ini untuk menanamkan pengetahuan terkait potensi bencana dan skill untuk menghadapi bencana, terutama gempa bumi yang menjadi bencana potensial di wilayah Tangerang Selatan.

Kegiatan ini diisi paparan materi tentang apa itu bencana gempa bumi, megathrust serta potensi bencana di wilayah Tangerang Selatan berdasarkan topografinya. Paparan tersebut disambut dengan antusias oleh para siswa kelas 10 dan 11 SMA Kharisma Bangsa karena disampaikan dengan gaya milenial oleh Yoga Hediasa, mahasiswa S2 Kajian Wilayah Eropa SKSG UI dan Muhammad Zaedani Rizki, mahasiswa S1 Geologi FMIPA UI.

Materi kedua tentang “Pohon Komunikasi dalam Sistem Manajemen Keselamatan” disampaikan oleh Polit. Sc. Henny Saptatia. Materi tersebut sangat penting karena sudah seharusnya sekolah mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) keadaan darurat, dengan pembentukan Tim Penanganan Bencana (TPB), tersedianya alat perlengkapan keselamatan, dan pelaksanaan simulasi keadaan darurat secara berkala, agar bisa keadaan jika terjadi bencana sewaktu-waktu.

Baca juga: Rektor Baru UI Heri Hermansyah, Guru Besar Termuda FTUI yang Sarat Prestasi Sejak Mahasiswa

Pohon komunikasi dalam sistem manajemen bencana adalah sistem komunikasi berantai yang disusun untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan akurat ketika terjadi keadaan darurat. Sistem komunikasi ini penting untuk mencegah beredarnya berita-berita dari sumber yang tidak bertanggung jawab saat kejadian bencana dan setelahnya.

Komunikasi yang cepat dan akurat mencegah beredarnya hoax yang berpotensi menimbulkan kepanikan yang tidak perlu di lingkungan sekolah dan keluarga siswa serta masyarakat umum.

Selain paparan materi kebencanaan dan mitigasi, program PPM Literasi Sadar Bencana juga diisi dengan kuis yang dipandu oleh alumni Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI, Raisa Akmalie, Febi Rosseva. Siswa diberi pertanyaan terkait bencana dan mitigasi bencana untuk melihat bagaimana pemahaman siswa terkait bencana setelah mendengarkan paparan dari narasumber.

Kuis ini berhasil meningkatkan antusiasme siswa untuk memahami hal-hal terkait bencana dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengenali lingkungan sebagai modal awal dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana. Untuk menanamkan kesadaran dalam menghadapi bencana bagi para siswa di Kharisma Bangsa Tim PPM UI 2024 juga menyumbangkan banner yang berisi informasi mitigasi bencana dalam bentuk infografis yang diharapkan akan menarik perhatian siswa. Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa Achmad Setiawan mengatakan tentang pentingnya mengadakan simulasi untuk mitigasi bencana. “Ilmu pengetahuan hanya akan menjadi wacana tanpa adanya simulasi. Simulasi menjadikan ilmu pengetahuan bisa diterapkan secara kontekstual. Oleh karena itu, saya berharap ke depannya PPM UI dapat mem-provide simulasi mengenai bencana di SMA Kharisma Bangsa," ujarnya.

Topik Menarik