Siapkan Indonesia Emas, Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan Disebar

Siapkan Indonesia Emas, Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan Disebar

Berita Utama | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 02:30
share

Mewujudkan Indonesia Emas 2045, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) mulai difokuskan meningkatan pelatihan atlet, pengembangan industri olahraga, dan perbaikan tata kelola.

Karena itu, peningkatan dan pengembangan SDM bidang keolahragaan dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, program ini sangat penting untuk mendorong perkembangan sport science, penguatan ekosistem olahraga, dan industri keolahragaan di Indonesia. “Ini adalah langkah kecil dari kami, tetapi dengan semangat besar untuk masa depan yang lebih baik bagi atlet Indonesia. Kita maju bersama mendukung prestasi dan pendidikan mereka demi masa depan olahraga Indonesia,” ujarnya, Selasa (1/10/2024).

Program beasiswa ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif menuju Indonesia Emas 2045, khususnya di bidang olahraga. Program ini diharapkan mendapat dukungan dari para pemerhati olahraga, media, dan masyarakat untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik bersama-sama.

Terlebih program untuk para atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga sesuai UU Nomor 11 Tahun 2022 Pasal 69 ayat 1 tentang Keolahragaan.

Beasiswa ini untuk warga negara Indonesia yang bergerak di bidang keolahragaan (sport/e-sport) agar dapat menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor dengan tujuan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kemampuan serta keahlian tenaga profesional di bidang olahraga, mendukung pengembangan ekosistem olahraga di Indonesia, serta apresiasi terhadap prestasi dan dedikasi insan olahraga.

Plt Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menambahkan dana abadi pendidikan Indonesia sudah seharusnya dimanfaatkan oleh insan-insan terbaik Indonesia, termasuk di bidang keolahragaan.

Topik Menarik