6 Fakta Ketakutan Rakyat Israel Menghadapi Serbuan Rudal Iran

6 Fakta Ketakutan Rakyat Israel Menghadapi Serbuan Rudal Iran

Global | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:17
share

Rakyat Israel mengalami trauma dan ketakutan yang berlebihan dengan serbuan rudal Iran yang mampu menembus sistem pertahanan udara Iron Dome. Mereka juga khawatir jika serangan rudal Iran juga akan terus berlanjut.

Ketakutan dan trauma itu menunjukkan bahwa Iran memang serius melancarkan perang melawan Israel. Teheran pandai memainkan perang psikologis yang membuat Israel menghadapi ancaman dalam berbagai front.

6 Fakta Ketakutan Rakyat Israel Menghadapi Serbuan Rudal Iran

1. Ada Pesan Peringatan dari Pemerintah Israel ke Seluruh Rakyat Israel

Telepon semua orang berdering bersamaan dengan peringatan sekitar pukul 19:30 waktu setempat.

Bunyinya: “Anda harus segera memasuki area yang dilindungi dan tetap di sana sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

Pesan tersebut dikirim oleh Komando Front Dalam Negeri Pasukan Pertahanan Israel dan diakhiri dengan frasa "instruksi penyelamatan nyawa".

2. Orang Israel Sembunyi di Bunker

Orang-orang mulai mencari perlindungan di ruang aman saat rudal diluncurkan ke Israel dari Iran.

Sirene yang berbunyi di seluruh negeri didengar oleh jutaan orang.

3. Menyaksikan Serbuan Rudal Iran

Melansir BBC, video yang diambil di Israel dan di tempat lain yang dibagikan di media sosial menunjukkan aliran cahaya saat rudal terbang di atas Israel - dan awan asap saat rudal dicegat atau diledakkan saat terjadi benturan.

"Ada banyak sekali," seru seorang kontak dalam video yang direkam di Israel selatan yang menunjukkan lingkaran cahaya di langit malam.

Sekitar pukul 20:00, IDF mengatakan susunan pertahanan udaranya mengidentifikasi dan mencegat peluncuran, dan meminta orang-orang untuk "tetap berada di tempat yang terlindungi ruang angkasa hingga pemberitahuan lebih lanjut”.

Lanjutannya: “Ledakan yang Anda dengar berasal dari intersepsi dan proyektil yang jatuh.”

Baca Juga: Hamas Sambut Serangan Ratusan Rudal Iran terhadap Israel

4. Khawatir Serangan Iran Terus Berlanjut

Kekhawatiran meningkat di seluruh Israel saat laporan muncul di awal malam bahwa Iran sedang mempersiapkan serangan.

Itu terjadi beberapa jam setelah pasukan Israel menyerbu Lebanon, dalam apa yang disebut militernya sebagai operasi darat "terbatas, terlokalisasi, dan terarah" terhadap Hizbullah.

Garda Revolusi Iran mengatakan pihaknya meluncurkan rudal sebagai balasan atas serangan baru-baru ini yang menewaskan para pemimpin Hizbullah dan Hamas, serta seorang komandan senior Iran.

Saat rudal terbang di atas kepala, pesan mengalir masuk dari orang-orang di berbagai bagian negara, yang menunggu di ruang aman mereka.

“Ada banyak alarm sepanjang waktu jadi kami berada di ruang aman… Tapi kami baik-baik saja untuk saat ini,” seorang ibu dua anak di selatan Israel memberi tahu saya melalui catatan suara.

“Sangat, sangat menakutkan. Saya masih tidak percaya ini adalah hidup kami... sangat dekat,” kata pesan dari seorang jurnalis di Tel Aviv.

“Biasanya kami tetap di lantai dan tidak turun ke tempat perlindungan, tetapi kali ini... kami menyadari bahwa kami harus turun.”

“Suaranya sangat keras,” kata pengacara Efrat Eldan Schechter melalui pesan WhatsApp dari Ra’anana di Israel tengah, seraya menambahkan bahwa ia yakin “ini bukan akhir untuk malam ini”.

“Kami perlu melihat bagaimana ini akan berkembang. Memang sangat menakutkan... tetapi kami kuat dan yakin bahwa IDF kami akan melindungi kami. Iran baru saja membuat kesalahan besar.”

Sekitar satu jam setelah pesan pertama, telepon kembali bergetar dengan peringatan baru dari Komando Front Dalam Negeri, yang memberi tahu orang-orang bahwa mereka dapat meninggalkan tempat perlindungan dan area yang dilindungi.

Setelah serangan itu, juru bicara IDF mengatakan ada beberapa serangan di Israel tengah dan selatan.

5. Iron Dome Ditembus Rudal Hipersonik Iran

Video yang kemudian dibagikan di media sosial menunjukkan kerusakan akibat rudal di beberapa lokasi, termasuk kawah besar di tanah dekat Tel Aviv.

Otoritas pertahanan sipil Palestina di kota Jericho, Tepi Barat yang diduduki, mengatakan seorang pria di sana tewas selama serangan rudal Iran.

6. Timbul Korban Jiwa

Menurut kantor berita AFP, yang berbicara dengan gubernur kota Hussein Hamayel, korban tewas akibat jatuhnya puing roket.

Pejabat Israel belum melaporkan adanya cedera serius akibat serangan udara hari Selasa.

"Pada tahap ini, kami tidak mengidentifikasi lebih banyak peluncuran dari Iran. Tetaplah bertanggung jawab dan dengarkan instruksi," kata juru bicara IDF Daniel Hagari dalam pidato yang disiarkan televisi.

Israel mengatakan sedikitnya 180 rudal ditembakkan, sebagian besar di antaranya dicegat. Dikatakan akan ada "konsekuensi".

Topik Menarik