Penjualan Obat Penenang di Israel Meningkat 204 sejak Perang Gaza

Penjualan Obat Penenang di Israel Meningkat 204 sejak Perang Gaza

Global | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 16:15
share

Penjualan obat penenang diIsrael telah meningkat secara signifikan sejak Oktober lalu.

Menurut Kahn-Sagol-Maccabi (KSM), jika dibandingkan dengan Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006, yang menyaksikan peningkatan pembelian obat anti-kecemasan sebesar 27 persen, telah terjadi peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebesar 204 persen dalam penjualan obat penenang sejak 7 Oktober 2023.

Sedangkan pada tahun 2006 peningkatan penjualan obat penenang sebagian besar terlihat di wilayah utara Palestina yang diduduki, pusat penelitian melaporkan bahwa peningkatan selama dua belas bulan terakhir telah terlihat di seluruh wilayah pendudukan Israel.

Dijelaskan bahwa studi retrospektif tersebut dilakukan dengan persetujuan Komite Helsinki dengan data anonim dari lebih dari satu juta anggota Maccabi yang berusia di atas 21 tahun, sebagai studi kasus kondisi lingkungan dan dampaknya terhadap stres pribadi.

Baca Juga: Tunjukkan Solidaritas, Houthi Luncurkan Rudal ke Tel Aviv

Studi tersebut mengamati karakteristik sosio-demografis seperti usia, jenis kelamin, area tempat tinggal, dan status sosial ekonomi, serta membahas pola penggunaan obat selama 19 tahun terakhir, termasuk 7 Oktober, dengan memeriksa jumlah pembelian obat anti-kecemasan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa risiko pembelian obat penenang jangka pendek selama operasi keamanan adalah 14 persen lebih tinggi daripada pada waktu normal. Selama Perang Lebanon Kedua, pembelian obat penenang di kalangan penduduk di wilayah utara adalah 39 persen lebih tinggi daripada di kalangan penduduk di wilayah tengah.

Selama operasi militer di wilayah selatan, terjadi peningkatan sebesar 18 persen dalam pembelian obat anti-kecemasan dibandingkan dengan penduduk di wilayah tengah.

Topik Menarik