10 Prospek Menjanjikan Lulusan Teknik Metalurgi, Ga Cuma Mentok Jadi Pegawai Pabrik

10 Prospek Menjanjikan Lulusan Teknik Metalurgi, Ga Cuma Mentok Jadi Pegawai Pabrik

Terkini | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 10:54
share

Ini prospek lulusan Teknik Metalurgi paling menjanjikan di masa depan. Sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal jurusan teknik ini, padahal Teknik Metalurgi memiliki banyak manfaat untuk di kehidupan sehari-hari terutama prospek kerja yang cukup luar biasa di berbagai sektor industri

Melansir dari Hotcourses Indonesia, istilah metalurgi berasal dari bahasa Yunani yaitu Metallougos yang berarti ekstras logam dari mineral. Seiring waktu metalurgi hanya berkaitan dengan ekstrasi logam, serta produksi logam dan pengolahan logam.

Baca juga: Jurusan S-1 Teknik dan Teknologi Terbaik di Indonesia Versi AD Scientific Index 2024

Jurusan Teknik Metalurgi di pikiran orang langsung membayangkan sosok berhelm kuning yang bekerja di pabrik logam yang panas dan berasap. Namun, tak menutup kemungkinan jurusan ini memiliki peluang karier yang jauh lebih luas dan menarik.

Baca juga: 10 Jurusan Teknik Paling Banyak Peminat di ITB dan UGM Lengkap dengan Daya Tampungnya

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini, prospek kerja untuk jurusan Teknik Metalurgi yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru tahun depan.

10 Prospek Menjanjikan Lulusan Teknik Metalurgi

1. Peneliti Material

Prospek kerja lulusan Teknik Metalurgi mendapat kesempatan untuk menjadi peneliti material yang inovatif, karena di dalam mata kuliah jurusan Teknik Metalurgi terdapat berbagai materi unsur logam yang dapat diimplementasikan sebagai seorang peneliti. Bagi Anda yang berminat menjadi peneliti, Anda akan berada di garis depan pengembangan material baru yang lebih kuat, ringan dan ramah lingkungan.

2. Konsultan Forensik Material

Lulusan Teknik Metalurgi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang konsultan forensik di perusahaan material. Pekerjaan ini melibatkan lulusan Teknik Metalurgi untuk dapat memecahkan misteri di balik kegagalan struktural dan kecelakaan industri.

Baca juga: Jurusan Fakultas Teknik UGM 2024 dengan Persaingan Paling Ketat dan Longgar, Ini Daftarnya

Pekerjaan konsultan forensik material membutuhkan analisis yang tajam dan kesabaran untuk memecahkan masalah di bidang industri material.

3. Desainer Perhiasan

Prospek ini sesuai bagi lulusan Teknik Metalurgi yang menekuni bidang desainer perhiasan dan memiliki kemampuan pemahaman mendalam tentang sifat-sifat logam mulia. Mereka dengan lulusan desainer perhiasan dapat menciptakan mahakarya yang unik dan memiliki nilai jual tinggi dari bahan logam mulia.

4. Ahli Daur Ulang Logam

Lulusan Teknik Metalurgi yang memiliki pemahaman tentang ekonomi berkelanjutan dapat menerapkan dalam bidang ahli daur ulang logam agar dapat dikembangkan menjadi bahan baku yang berkualitas tinggi. Lulusan ini juga dapat bekerja di lembaga yang bergerak di bidang logam dan mineral.

Baca juga: 20 Jurusan S-1 Hukum Terbaik Versi Indonesian Law Institutional Subject Ranking 2025, Karier Cerah?

5. Pengembangan Teknologi Medis

Lulusan Teknik Metalurgi juga dapat berkontribusi sebagai pengembangan teknologi medis, seperti alat pacu jantung, sendi pengganti, dan implan logam. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Anda dapat menciptakan alat-alat medis yang inovatif yang dapat membantu dan mengubah hidup pasien.

6. Spesialis Perlindungan Korosi

Sebagai lulusan Teknik Metalurgi juga bisa bekerja di bidang material. Bagi mereka dengan pemahaman tentang cara penanganan dan pengelolaan masalah korosi. Pekerjaan ini juga membutuhkan keahlian dalam merekayasa korosi material yang biasanya terdapat di logam, beton, dan polimer.

7. Konsultan Energi Terbarukan

Lulusan Teknik Metalurgi dapat bekerja di bidang energi terbarukan, seperti energi surya, energi angin, dan energi air. Tak hanya itu, lulusan ini juga dapat berkontribusi dalam pengembangan turbin angin yang lebih efisien, panel surya yang lebih lama, dan mengembangkan teknologi yang dapat menyimpan energi revolusioner.

8. Ahli Material Kedigantaraan

Sebagai lulusan Teknik Metalurgi juga dapat bekerja sebagaI ahli material di bidang dirgantara. Anda akan bekerja dengan mengembangkan material nickel alloy untuk memungkinkan pesawat terbang dan pesawat luar angkasa dapat menjelajah lebih jauh dan lebih aman.

9. Wirausaha

Bekerja sebagai wirausaha teknologi material juga bisa dapat dicoba setelah lulus dari kuliah. Bagi Anda yang memiliki pengetahuan mendalam tentang material, Anda dapat membuka usaha di bidang teknologi material mulai dari pengembangan coating nano sampai produksi filamen 3D printing khusus. Pekerjaan ini tidak akan pernah surut, karena dunia ini memiliki unsur logam yang sangat banyak.

10. Komunikator

Lulusan Teknik Metalurgi bisa bekerja di bidang edukator sekaligus menjadi komunikator. Anda dapat memberikan edukasi kepada banyak orang tentang unsur material yang belum pernah diketahui sebelumnya. Anda juga dapat menerapkan pengetahuan unsur material ke dalam seminar, konten edukasi maupun buku.

Itulah ulasan mengenai 10 prospek menjanjikan lulusan Teknik Metalurgi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik