Bakhram Murtazaliev Berulang Kali Jatuhkan dan Hancurkan Tim Tszyu, Pertahankan Sabuk IBF

Bakhram Murtazaliev Berulang Kali Jatuhkan dan Hancurkan Tim Tszyu, Pertahankan Sabuk IBF

Olahraga | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:17
share

Bakhram Murtqzaliev berulang kali menjatuhkan dan menghancurkan mimpi Tim Tszyu untuk meraih gelar juara dunia kelas welter super IBF. Ambisi Tim Tszyu untuk kembali menjadi juara dunia hancur saat ia dihentikan dalam tiga ronde yang dramatis oleh juara kelas welter super IBF, Bakhram Murtazaliev, di Caribe Royale, Orlando, Florida, Minggu (20/10/2024) siang WIB.

Petinju Australia berusia 29 tahun ini bertarung untuk pertama kalinya sejak kekalahan pertamanya, oleh Sebastian Fundora di Las Vegas pada bulan Maret lalu, ketika sebuah luka yang cukup parah mempengaruhi penglihatannya dan membuatnya kalah melalui keputusan terbelah.

Dalam pertarungan pertama sejak debut profesionalnya pada tahun 2016 yang dihadiri oleh ayahnya yang terkenal, Kostya, ia dijatuhkan tiga kali pada ronde kedua dan sekali lagi pada ronde ketiga sebelum paman dan pelatihnya, Igor Goloubevk, menyerah dan menyelamatkannya dari hukuman yang tak terelakkan.

Baca Juga: Naoya Inoue vs Junto Nakatani Getarkan Ring Tinju Dunia

Murtazaliev, 31 tahun dan berasal dari Rusia, memenangkan gelar yang lowong pada bulan April lalu dengan kemenangan atas Jack Culcay di Jerman, pada malam ketika, seperti yang ditunjukkan oleh penampilannya melawan Tszyu, sebagai petarung profesional, ia telah matang.

Ia tetap berada di bawah bayang-bayang Tszyu yang memiliki nilai jual tinggi sebelum laga Sabtu malam itu - sebuah kenyataan yang diperkuat dengan kehadiran ayah dari lawannya yang lahir di Rusia - namun ia dengan impresif dan tanpa ampun muncul dari bayang-bayang tersebut di bawah sorotan lampu ring yang tak termaafkan.

Keunggulan Murtazaliev dalam hal ukuran tubuh nampak jelas pada awal ronde, namun Tszyu, seperti yang sudah diduga, segera berusaha menjadi penyerang dan menjadi yang pertama berhasil, seperti yang dilakukannya dengan sebuah pukulan straight kanan.

Baca Juga: Aura Mike Tyson dan Lonceng Kematian Mengintai Jake Paul

Saat ia menerima sebuah pukulan ke arah tubuh sebelum sebuah pukulan kanan dan straight kiri, jelas terlihat bahwa keduanya memiliki komitmen untuk bertarung dengan intensitas tinggi; sebuah pukulan kanan kemudian menjatuhkan kepala Murtazaliev ke belakang, yang diikuti dengan pukulan kanan lainnya, serta sebuah pukulan kanan dari Murtazaliev yang mengenai Tszyu. Mungkin yang paling jelas terlihat adalah sebuah benturan kepala yang membuat Tszyu tampak memeriksa apakah ia terluka, karena ia begitu merusak kulit kepalanya saat melawan Fundora - dan dengan melakukan itu, ia menunjukkan bahwa bekas luka psikologis, dan bukan hanya fisik, dari laga di bulan Maret itu masih tersisa.

Mereka kembali bertukar pukulan kanan sejak awal ronde kedua, saat Tszyu dua kali berturut-turut menemukan sasarannya. Ia lalu terjatuh oleh sebuah pukulan kiri kuat dari Murtazaliev, dan dengan segala keberaniannya, ia akhirnya harus berjuang keras untuk pulih.

Saat ia kembali berdiri, Tszyu tetap goyah. Alih-alih mencoba mempertahankan diri, ia dengan naif dan rela bertukar serangan dengan sang juara, walau ia terluka. Dua kali ia dijatuhkan dengan pukulan kiri, dan dua kali lagi ia kembali berdiri dan segera menempatkan dirinya dalam bahaya. Mata kanannya juga mulai membengkak, yang menambah berat tugasnya.

Baca Juga: Fabio Wardley Masuk 10 Besar Ranking Petinju Kelas Berat Dunia! Bersanding dengan Usyk, Fury, dan Joshua

Sebuah pukulan kiri lainnya ke arah dagu menjatuhkannya pada ronde ketiga, dan cukup keras sehingga ia harus menerima perawatan medis.

Pukulan kiri lainnya ke arah dagu menjatuhkannya pada ronde ketiga, dan cukup keras sehingga saat ia kembali berdiri, ia sama goyahnya dengan yang pertama. Tszyu, dengan sangat berani, memilih untuk melawan dengan instingnya dan bukannya mencoba bertahan, dan dengan perjuangannya mempertahankan diri dan mengambil resiko dari campur tangan wasit, setelah satu menit 55 detik, ia pun menyerah.

Jika bukan karena pukulan kanan pertama yang benar-benar melukainya, Tszyu dan orang-orang di sekelilingnya harus mempertanyakan apakah ia telah cukup pulih dari apa yang terjadi saat melawan Fundora di Vegas.

Keinginannya yang mengagumkan untuk mengambil risiko melawan Vergil Ortiz Jnr, sampai ia mengetahui bahwa lukanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, terlihat lebih gegabah lagi. Pemulihannya dari laga melawan Fundora mungkin menjadi tidak relevan. Bagaimana ia menanggapi kekalahan dari Murtazaliev-lah yang akan menentukan kariernya, yang sebelumnya terlihat akan berada di puncak.

Topik Menarik