FJN Umumkan 12 Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2024

FJN Umumkan 12 Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2024

Terkini | surabaya.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 17:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dalam momentum Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Perkumpulan Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) kembali memberikan apresiasi Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2024 kepada 12 orang Nahdliyin yang dinilai menginspirasi.

Ketua Umum FJN, Muhamad Didi Rosadi mengungkapkan, penghargaan ini memasuki tahun ke-5. Pihaknya tetap mempertahankan prinsip independen dan imparsial dalam pemberian aspirasi ini.

"Independen artinya, kami mandiri, dan imparsial artinya netral tidak ada keberpihakan dalam penentuan individu penerima apresiasi FJN Award. Kami tidak ada komunikasi dengan para kandidat. Seluruhnya hasil riset dan diskusi ketat sahabat-sahabat di FJN," kata pria yang akrab disapa Diday itu, Senin (21/10/2024).

Jurnalis koran harian terbitan Surabaya ini menjelaskan, untuk kriteria yang utama adalah penerima penghargaan ini adalah kader NU atau setidaknya pengamal ahlussunah wal jamaah An Nahdliyah atau Nahdliyin. Kriteria berikutnya, memiliki rekam jejak dan prestasi yang bisa menginspirasi generasi muda nahdliyin.

Kader Ansor Surabaya ini melanjutkan, mereka yan ditetapkan sebagai Tokoh Nahdliyin Inspiratif mayoritas adalah generasi muda, atau mereka yang punya kontribusi dalam pembinaan generasi muda.

"Mayoritas penerima apresiasi ini adalah tokoh asal Jawa Timur atau mereka yang punya irisan sejarah dengan Jawa Timur. Sebenarnya, kami tidak membatasi harus warga Jawa Timur. Namun karena FJN lahir di Jawa Timur, kami punya prioritas untuk warga Jawa Timur," ujarnya 

Dalam kesempatan tersebut, FJN juga memberi penghargaan khusus untuk Gus Muhamad Fawait dan Almarhum Dr. Rizal Ramli.

Gus Fawait dinilai sebagai tokoh yang mempunyai kontribusi dalam membumikan ajaran Aswaja An Nahdliyah lewat kegiatan bersholawat. Kegiatan selawat ini juga diikuti dengan kegiatan sosial dan pembentukan karakter cinta NKRI dan bela negara. Komitmen Gus Fawait dibuktikan dengan Ormas Laskar Sholawat Nusantara yang ia dirikan.

Sementara Almarhum ekonom Rizal Ramli mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award. Sebab, selama hidupnya beliau memiliki rekam jejak yang baik dan berintegritas. Rizal Ramli dikenal sebagai sahabat dekat Presiden RI ke- KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. RR juga adalah penasehat FJN semasa hidup.

"Penghargaan ini adalah apresiasi yang didedikasikan FJN kepada para individu yang dinilai bisa menjadi contoh dan menginspirasi generasi muda, khususnya nahdliyin. Sebab, saat ini generasi muda mengalami krisis panutan," pungkas Diday. 

 

Berikut ini Daftar Penerima Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2024 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin :

1. Dr. Safi, SH, MH
Rektor Universitas Trunojoyo Madura

2. Muhammad Sarmuji, SE, M.Si
DPR RI F-PG

3. Dr. H. Addin Jauharudin
Ketua Umum GP Ansor

4. Dr. HM. Irsyad Yusuf
DPR RI F-PKB

5. Ema Umiyyatul Chusna
Ketua Umum WPP/Ketua PPP Jombang

6. H. Hidayat, S.Ag, M.Si
Wakil Ketua DPRD Jatim/Gerindra

7. K.R.A.T. Moh Ali Kuncoro
Pj Wali Kota Mojokerto

8. Salim Azhar
DPRD Jatim F-PKB

9. Muhammad Saifuddin
DPRD Surabaya F-PD

10. Ubaidillah Amin, S.Kom
Profesional/Pengurus PBNU

11. Dwiariady Kusuma, M.Si
Sekretaris IKA PMII Jatim

12. Muhammad Aji Kurniawan 
Sekretaris DPD APTRI Jatim

Topik Menarik