Menag Ungkap Jokowi dan Paus Fransiskus bakal Bahas Isu Global saat Bertemu Besok

Menag Ungkap Jokowi dan Paus Fransiskus bakal Bahas Isu Global saat Bertemu Besok

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 13:55
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus bakal membahas isu global saat bertemu pada Rabu (4/9/2024) besok. Pertemuan rencananya digelar di Istana Negara, Jakarta.

“Saya yakin karena tadi saya sampaikan beliau ini juga pemimpin negara selain pemimpin umat, beliau juga meng-update segala isu yang berkaitan dengan perkembangan global dan itu juga akan dibicarakan oleh beliau berdua,” kata Yaqut usai menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (3/9/2024).

Selain itu, lanjut dia, pertemuan itu juga untuk mempererat hubungan Indonesia dan Vatikan. Selain bertemu Jokowi, kata dia, Paus Fransiskus juga akan bertemu presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Dan yang paling penting menurut saya dari semua proses ini adalah mempererat hubungan antara Indonesia dan Vatikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dia mengucapkan selamat datang. 

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat, dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Dia menyatakan kunjungan Paus Fransiskus kali ini sangat bersejarah usai sempat ditunda karena Covid-19.

"Selama empat hari kunjungan beliau Yang Teramat Mulia, Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, serta Misa Kudus," tandasnya.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus akan berkunjung ke beberapa tempat selama melakukan perjalanan apostolik di Indonesia, seperti Istana Kepresidenan, Kedutaan Besar Vatikan, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) hingga memimpin misa di Stadion GBK.

Topik Menarik