Tiga Warga Bogor Sempat Dicurigai Terpapar Cacar Monyet, Begini Penjelasan Dinkes 

Tiga Warga Bogor Sempat Dicurigai Terpapar Cacar Monyet, Begini Penjelasan Dinkes 

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 15:53
share

BOGOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) sempat mencatat tiga warga diduga terinfeksi cacar monyet atau Mpox di Kabupaten Bogor. Dua orang di antaranya dinyatakan negatif, sementara satu orang lainnya masih menunggu hasil uji laboratorium.

"Dua orang sudah ada hasil negatif. Satu orang masih menunggu hasil, karena baru penemuan kasus kemarin," kata Ketua Tim Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bogor Luki Gema Safari dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/9/2024).

Kata dia, ketiga orang tersebut semuanya berjenis kelamin laki-laki. Adapun rinciannya satu orang asal Kecamatan Ciampea status negatif, satu orang asal Kecamatan Cileungsi status negatif, dan satu orang asal Cibungbulang masih menunggu hasil.

"Ketiga kasus kondisinya sangat baik, isolasi mandiri di rumah," ungkapnya.

Luki menambahkan, temuan kasus yang sempat diduga cacar monyet ini berdasarkan laporan dari Puskesmas. Dari situ, dilaporkan kepada pihak Dinkes Kabupaten Bogor untuk segera ditindaklajuti.

"Betul, laporan kewaspadaan dari Puskesmas. Dicurigai mpox oleh petugas Puskesmas sehingga dilaporkan ke kami di Dinkes, setelah itu kita ambil samplenya untuk dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta," pungkasnya.

Topik Menarik