Demo Pro-Palestina, Aktivis Lingkungan Internasional Greta Thunberg Ditangkap Polisi

Demo Pro-Palestina, Aktivis Lingkungan Internasional Greta Thunberg Ditangkap Polisi

Terkini | inews | Rabu, 4 September 2024 - 20:28
share

KOPENHAGEN, iNews.id - Aktivis lingkungan internasional Greta Thunberg ditangkap polisi saat melakukan demonstrasi pro-Palestina di Universitas Kopenhagen, Denmark, Rabu (4/9/2024). Thunberg dan beberapa aktivis mahasiswa lain menyerukan boikot akademik terhadap kampus yang memiliki hubungan dengan Israel itu.

Thunberg membagikan beberapa foto di Instagram saat polisi antihuru-hara Kopenhagen memasuki gedung tempat kelompoknya, Mahasiswa Menentang Pendudukan, menggelar unjuk rasa.

"Saya tidak bisa mengonfirmasi nama-nama mereka yang ditangkap, tetapi enam orang telah ditangkap terkait dengan demonstrasi tersebut," kata seorang juru bicara kepolisian Kopenhagen, dikutip dari AFP.

Dia menyebut tiga dari demonstran diduga memaksa masuk ke dalam gedung kemudian memblokir pintu masuk.

Thunberg, mengenakan keffiyeh hitam-putih yang dililitkan di bahu, digiring polisi keluar dari gedung kampus. Perempuan 21 tahun itu bersama lima aktivis lainnya dibebaskan beberapa jam kemudian.

Rekaman video yang dipublikasikan Ekstra Bladet memperlihatkan Thunberg berjalan keluar dari kantor polisi.

Sementara itu Mahasiswa Menentang Pendudukan menyatakan di Instagram, saat kondisi di Palestina terus memburuk, Universitas Kopenhagen terus bekerja sama dengan lembaga-lembaga akademis di Israel.

"Kami menduduki pusat administrasi universitas dengan satu tuntutan: Boikot akademik sekarang!" bunyi pernyataan.

Topik Menarik