Respons Bahlil soal Prabowo Diisukan bakal Tambah Kementerian

Respons Bahlil soal Prabowo Diisukan bakal Tambah Kementerian

Terkini | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 07:31
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Terpilih Prabowo Subianto diisukan akan menambah jumlah kementerian. Saat ini, jumlah kementerian di kabinet masih 34.

Namun, jumlah kementerian berpotensi bertambah setelah RUU Kementerian Negara disetujui Badan Legislasi (Baleg) DPR bersama pemerintah. RUU itu mengatur soal presiden berwenang menambah jumlah kementerian sesuai kebutuhan.

Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia menilai tak ada masalah dari penambahan jumlah kementerian. Menurutnya, yang terpenting hal itu sesuai kebutuhan presiden.

"Ya nggak apa-apa kalau dianggap kebutuhan, kan mau melakukan percepatan. Nggak ada masalah kok," kata Bahlil, Kamis (12/9/2024).

Dia meyakini, saat ini Prabowo tengah memikirkan kabinet secara matang dan penuh pertimbangan. Publik diminta bersabar menanti pengumuman dari Prabowo.

Selain itu, Bahlil mengingatkan soal pemilihan menteri merupakan kewenangan penuh Prabowo sebagai presiden.

"Untuk penyusunan kabinet adalah hak prerogatif presiden terpilih," kata Bahlil.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membocorkan susunan kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menurut dia, kalangan profesional akan mendominasi dibanding figur usulan partai politik.

"Keberadaan orang-orang profesional itu juga lebih banyak kelihatannya, daripada yang kemudian dari parpol," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2024).

Dia menyatakan, Prabowo akan memilih orang yang tepat untuk bergabung ke kabinet demi merealisasikan janji-janji kampanye.

Topik Menarik