Bos Mata-Mata Turki Bertemu Delegasi Hamas di Ankara, Bahas Apa?

Bos Mata-Mata Turki Bertemu Delegasi Hamas di Ankara, Bahas Apa?

Terkini | inews | Sabtu, 14 September 2024 - 10:25
share

ANKARA, iNews.id Bos mata-mata Turki dilaporkan bertemu dengan delegasi dari kelompok pejuang Palestina, Hamas, di Ankara, Jumat (13/9/2024). Mereka membahas negosiasi gencatan senjata di Gaza.

Lembaga penyiaran negara Turki, TRT Haber melaporkan, Kepala Badan Intelijen Nasional Turki, Ibrahim Kalin, telah bertemu dengan delegasi dari pimpinan biro politik Hamas. Hal itu terungkap lewat sejumlah sumber keamanan Turki.

Tidak disebutkan siapa saja anggota delegasi Hamas yang hadir dalam pertemuan tersebut. Turki sendiri sudah berulang kali mengecam serangan Israel terhadap Gaza.

Perang di wilayah kantong Palestina itu bermula pada 7 Oktober 2023, ketika Hamas melancarkan Operasi Banjir al-Aqsa di Israel Selatan. Serangan oleh para pejuang Palestina kala itu menewaskan 1.200 orang Israel.

Hamas juga menawan sekitar 250 orang lainnya dalam operasi tersebut, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel berikutnya terhadap Jalur Gaza telah menewaskan lebih dari 41.000 warga Palestina sampai hari ini.

TRT Haber mengatakan, Badan Intelijen Nasional Turki telah menghubungi semua pihak termasuk Hamas, Israel, Qatar, dan Amerika Serikat. Mereka sedang melakukan diplomasi intensif untuk gencatan senjata di Gaza.

Topik Menarik