Wapres Ma’ruf Amin Usul Bentuk Dewan Kiai, Ini Fungsinya

Wapres Ma’ruf Amin Usul Bentuk Dewan Kiai, Ini Fungsinya

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 12:18
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengusulkan pembentukan Dewan Kiai. Nantinya Dewan Kiai berfungsi sebagai pengawasan yang lebih ketat di seluruh pondok pesantren untuk mencegah tindak kekerasan.

Dewan Kiai juga bisa menjadi lembaga pengawasan yang dapat memastikan proses pendidikan di pesantren berjalan sesuai dengan nilai-nilai luhur. 

“Kita minta nanti juga, nanti ada semacam Dewan Kiai ya, untuk mengawasinya,” kata Wapres dalam keterangan persnya, Senin (14/10/2024).

Menurut Ma'ruf Amin, kasus kekerasan di pesantren masih marak terjadi. Oleh karena itu, Wapres menegaskan kasus-kasus kekerasan yang terjadi belakangan ini di sejumlah pesantren harus menjadi perhatian serius. 

“Nah, pesantren itu tentu kita awasi dengan ketat,” ujarnya.

Tindak kekerasan yang terjadi di pesantren melibatkan individu yang bukan mencerminkan santri sejati. Menurutnya, kekerasan bukanlah karakteristik dari pesantren, melainkan penyimpangan.

“Jadi ketika ada kasus itu, itu penyimpangan. Ini berarti bukan orang pesantren kalau santri kan tidak punya watak seperti itu,” katanya.
 
Lebih jauh, Wapres menekankan bahwa pesantren sejatinya merupakan tempat mendidik dan membina akhlak sejak dini, dengan tujuan mencetak individu berakhlak mulia. Segala bentuk penyimpangan dari tujuan ini, menurutnya, harus ditindak tegas dan ditiadakan.

“Pesantren itu justru mendidik, membuat akhlak [santrinya] sejak kecil menjadi orang yang berakhlak mulia. Jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu [penyimpangan],” pungkasnya.

Topik Menarik