5 Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan, Nomor 1 Tetangga Indonesia 

5 Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan, Nomor 1 Tetangga Indonesia 

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 15:59
share

JAKARTA, iNews.id - Negara yang tidak punya hari kemerdekaan jadi informasi yang menarik untuk diulas kali ini. Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaan yang ke-79 pada 17 Agustus 2024. 

Hari Kemerdekaan Indonesia sendiri merujuk kepada Presiden RI pertama, Soekarno yang membaca teks proklamasi pada 17 Agustus 1945. Tentu itu jadi momen penting bagi negara kita untuk lepas dari penjajahan negara lain. 

Tapi tahukah kamu jika ada beberapa negara di dunia ini yang ternyata tidak punya hari kemerdekaan. 

Lantas, negara mana saja itu? Berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai negara yang tidak punya hari kemerdekaan dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2024). 

Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan

1. Thailand

Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Maka dari itu, negara berjuluk Negara Gajah Putih ini juga tidak memiliki hari kemerdekaan. 

Meski begitu, menurut The Washington Post, hari lahir mendiang Raja Bhumibol Adulyadej, 5 Desember dijadikan sebagai hari kemerdekaan Thailand. 

2. China

China juga jadi salah satu negara Asia yang tercatat tidak pernah dijajah oleh bangsa atau negara lain. Oleh sebab itu, negara dengan jumlah penduduk mencapai 1,4 miliar pada 2022 itu tidak memiliki hari kemerdekaan. 

Sama seperti Thailand, China juga memiliki hari raya nasional yakni pada 1 Oktober. Tanggal tersebut bertepatan dengan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, tepatnya pada 1 Oktober 1949. 

3. Jepang

Masih dari Benua Asia, di nomor tiga dalam daftar negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan adalah Jepang. Sebab, negara berjuluk Negara Matahari Terbit itu tidak pernah sekalipun diduduki atau dijajah oleh negara lain. 

Jepang tercatat sempat menjajah beberapa negara di daratan Asia, sebut saja Korea Selatan dan Indonesia. Negara yang menganut bentuk pemerintahan kekaisaran itu menjadikan 11 Februari sebagai perayaan Hari Nasional sebab bertepatan dengan Hari Pembentukan Nasional.
 

4. Arab Saudi

Kita terbang ke Benua Afrika, kali ini ada negara yang tidak pernah merayakan hari kemerdekaan yakni Arab Saudi. Sama seperti negara-negara lainnya, negara yang dijuluki Negara Minyak itu tidak pernah sekalipun dijajah oleh bangsa lain. 

Menurut situs Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, masyarakat disana merayakan pembentukan Kerajaan Saudi oleh Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud, tepatnya pada 23 September. 

5. Denmark

Denmark jadi salah satu negara di Eropa yang tidak memiliki hari kemerdekaan. Sebab jika ditarik sejarahnya, negara Skandinavia itu tidak pernah dijajah oleh negara lain sejak negara terbentuk lebih dari 1.000 tahun lalu. 

Sementara itu, mengutip The Copenhagen Post, Denmark juga jadi negara Eropa yang tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah. Seperti yang pernah dialami oleh Jerman dan Vietnam. 

Demikian ulasan mengenai negara yang tidak punya hari kemerdekaan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik