Penampakan 40 Ekor Buaya di Cianjur Akan Dipindahkan ke Penangkaran di Palembang

Penampakan 40 Ekor Buaya di Cianjur Akan Dipindahkan ke Penangkaran di Palembang

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:20
share

CIANJUR, iNews.id - Puluhan ekor buaya titipan BKSDA di kolam penangkaran milik warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dievakuasi petugas untuk dipindahkan. Rencananya buaya tersebut akan dipindahkan ke wilayah Palembang, Sumatra Selatan.

Dalam video terlihat petugas mengevakuasi buaya dalam kolam penangkaran warga di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang, Cianjur. Hal tersebut dilakukan setelah buaya dari penangkaran lepas sejak tiga pekan lalu disertai adanya desakan dari pemilik kolam penangkaran agar predator tersebut segera dipindahkan.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah buaya yang telah dievakuasi. BKSDA masih belum bisa memberikan keterangan kepada awak media.

Sementara itu menurut keluarga pemilik kolam penangkaran, buaya yang sudah berhasil dievakuasi diperkirakan berjumlah 40 ekor. 

"Sekarang sudah ada tempat penangkaparan barunya, akan dipindahkan ke Palembang," ujar Nuyan, keluarga pemilik kolam penangkaran, Kamis (17/10/2024).

Dketahui jumlah awal buaya tersebut ada 80 ekor yang dititipkan BKSDA. Namun jumlah ini berkurang karena hewan buas ini kerap bersifat kanibal. Selain itu ada sejumlah buaya juga sebelumnya pernah ditemukan dalam kondisi mati.

Seusai dipindahkan, kolam penangkaran tersebut rencananya akan diratakan oleh pemiliknya dengan menggunakan tanah atau bebatuan.

Topik Menarik