Contoh Berita 5W + 1H Beserta Jawabannya yang Bisa Dipahami dan Dipelajari

Contoh Berita 5W + 1H Beserta Jawabannya yang Bisa Dipahami dan Dipelajari

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 20:20
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh berita 5W + 1H beserta jawabannya bisa dengan mudah kita temukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan.

Melansir buku Top No 1 Ulangan Harian SMP/MTS Kelas 7 Tim, yang disusun oleh Guru Indonesia (2015), berita adalah laporan atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

Suatu berita harus terdapat unsur 5W + 1 H yang terdiri atas What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana).

Mengutip berbagai sumber, Rabu (18/9/2024), berikut contoh berita 5W + 1H beserta jawabannya.

Contoh Berita 5W + 1H Beserta Jawabannya

1. Keracunan Ketan di Lumajang Sebabkan 18 Orang Dirawat

Baru-baru ini pada Rabu (7/8/2024) malam setidaknya ada 18 orang dirawat akibat keracunan ketan koro. Kejadian ini terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Syamsul sebagai camat Kedungjajang menjelaskan jika warga datang ke Puskesmas Kedungjajang dengan keluhan mual dan pusing. Hal ini dialami setelah memakan ketan koro saat pengajian di rumah Ahsani, Selasa (6/8/2024) malam.

Total warga yang datang ke Puskesmas diketahui sebanyak 32 orang. Belum ada efek yang fatal yang diberitakan hingga kini. Sehingga seluruh pasien hanya perlu membutuhkan perawatan saja.

What: keracunan

When: Rabu (7/8/2024)

Where: Lumajang

Who: warga Kedungjajang

Why: akibat keracunan ketan koro

How: warga datang ke Puskesmas Kedungjajang dengan keluhan mual dan pusing setelah memakan ketan koro di rumah Ahsani.

2. Insiden Truk Terbakar di Lumajang yang Ditinggal Kabur Sopirnya

Terjadi sebuah insiden yang cukup mengagetkan, yaitu terbakarnya sebuah truk di Jalan Raya Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tepatnya pada hari Jumat (9/8/2024) pukul 04.00 WIB. Dugaan awal dari penyebab kebakaran tersebut adalah adanya cairan yang mudah terbakar dalam truk.

Kronologi sementara yang didapat dari saksi mata pedagang sayur terdekat adalah truk mulanya datang dari Jember menuju Surabaya. Namun, kemudian timbul percikan api saat melewati pertigaan ponpes Syarifudin. Kemudian suara ledakan tiba-tiba terdengar.

Sang sopirpun akhirnya menghentikan truk dan memarkirkannya di depan teras rumah warga. Akibatnya, teras rumah warga ikut terbakar karena truk tersebut. Hingga berita ditayangkan, sang sopir tidak diketahui keberadaannya.

What: truk terbakar

When: Jumat, 9 Agustus 2024 pada pukul 04.00 WIB.

Where: Lumajang

Who: sopir truk, saksi mata

Why: cairan mudah terbakar

How: terjadi percikan api saat melewati pertigaan Ponpes Syarifudin. Kemudian suara ledakan tiba-tiba terdengar.

3. Dampak KUR Pada Peningkatan Ekonomi Rakyat

Pertumbuhan ekonomi Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini mencapai rata-rata 7-8 per tahun. Hal itu karena adanya kegiatan ekonomi yang semakin masif, terutama pada UMKM. Pemerintah diketahui menggelontorkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 34,1 triliun.

Dengan demikian, pendapatan per kapita penduduk Indonesia mencapai beberapa kali lipat. Selain itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk yang dikategorikan miskin juga banyak berkurang.

What : Jumlah penduduk miskin berkurang

Who : Masyarakat Indonesia

Why : Pertumbuhan ekonomi rata-rata 7-8

When : Beberapa tahun terakhir

Where : Indonesia

How : Pemerintah menggelontorkan KUR Rp 34,1 triliun kepada UMKM.

Itulah ulasan mengenai contoh berita 5W + 1H beserta jawabannya. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik