Longsor Terjang Paseh Bandung, 4 Rumah Warga Rusak 16 Orang Diungsikan

Longsor Terjang Paseh Bandung, 4 Rumah Warga Rusak 16 Orang Diungsikan

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 14:09
share

BANDUNG, iNews.id - Tanah longsor menerjang Kampung Pasir Tumenggeung, Desa Karangtunggal, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/9/2024). Bencana ini melanda usai kawasan tersebut diguyur hujan deras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian ini menyebabkan kerusakan di area pesawahan dan empat rumah warga terdampak material longsor.

"Benar, longsor terjadi pada Rabu sore. Ada empat kepala keluarga (KK) dengan total 16 jiwa harus diungsikan karena rumah mereka rusak tertimpa longsor," ujar Uka, Kamis (26/9/2024).

Uka memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja kerusakan yang ditimbulkan cukup parah.

"Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa, namun kami masih terus memantau lokasi karena ada potensi longsor susulan," katanya.

Menurutnya hingga saat ini BPBD Kabupaten Bandung masih berada di lokasi untuk penanganan lebih lanjut. Sekaligus mengimbau warga agar menjauhi area longsor.

Selain itu tim BPBD juga telah memberikan pertolongan pertama kepada warga terdampak. Sebab para korban longsor saat ini sangat membutuhkan bantuan darurat.

"Kami membutuhkan bantuan berupa makanan siap saji, terpal, perlengkapan keluarga (family kit), selimut serta alat-alat seperti cangkul, sekop dan karung untuk membersihkan material longsor," ujar Uka.

Dalam penanganan bencana ini, BPBD akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kebutuhan para korban longsor terpenuhi.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin memberikan bantuan kepada warga yang terdampak serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan," ucapnya.

Topik Menarik