Pasangan RDPS Bakal Alokasikan Dana APBD Khusus untuk Insentif Kader Posyandu

Pasangan RDPS Bakal Alokasikan Dana APBD Khusus untuk Insentif Kader Posyandu

Terkini | palembang.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:00
share

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 02, Ratu Dewa-Prima Salam (RDPS) akan mengalokasikan dana APBD khusus untuk insentif kader posyandu, bila terpilih pada Pilkada Palembang 2024 nanti.

Calon Wali Kota (Cawako) Palembang, Ratu Dewa menyatakan, selain program Palembang Cerdas, Palembang Gercep, Palembang Peduli, ada juga Palembang Sehat yang termasuk di dalamnya soal posyandu dan Kadernya.

“Kita akan mengalokasikan dana APBD khusus untuk insentif kadar posyandu minimal sebesar Rp150.000 per kader setiap bulannya,” ujar dia, saat bersilaturahmi dengan kader posyandu Kota Palembang di Hotel Azza, Sabtu (12/10/2024).

Pasangan RDPS, kata Ratu Dewa, akan mendukung kegiatan posyandu se-Kota Palembang, salah satunya dengan mengalokasikan dana APBD khusus untuk pemberian makanan tambahan (PMT) peserta posyandu, minimal sebesar Rp1000.000 per posyandu di setiap bulannya.

"Posyandu dan kadernya telah kami kaji, setelah dihitung sudah saatnya mendapatkan uang insentif dan dana untuk makanan tambahan di setiap posyandu,” kata dia.

Mantan Sekda Palembang itu mengungkapkan, selain mengalokasikan khusus APBD, pihaknya akan mengajak BUMN, BUMD dan perusahaan lain agar bersama melakukan pencegahan stunting.

“Ini (pencegahan stunting) melalui pola intervensi pemberian makanan lokal setiap hari, dengan melibatkan sistem yang telah dijalankan forum kader posyandu Indonesia (FKPI),” ungkap dia.

Kemudian, jelas Dewa, pasangan RDPS memastikan akan menyiapkan aturan khusus rumah ibadah semua agama, agar menjadi pusat kesejahteraan masyarakat dan sosial lainnya dengan sistem gotong royong berbasis rumah ibadah.

“Ini untuk menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat berbasis rumah ibadah atau sedekah Jumat yang diselenggarakan masing-masing masjid dari oleh untuk masyarakat,” jelas dia.

Sementara, Ketua Forum Posyandu Indonesia Sumsel, Sukardi menuturkan, pihaknya bertekad mendukung pasangan RDPS, setelah melihat program RDPS yang menyentuh langsung pada kesehatan balita dan menyejahterakan posyandu dan kadernya.

"Kami lihat ada program gratis bantuan makanan bergizi untuk anak balita dan dana operasional untuk Posyandu di Palembang, ini kami nilai sangat baik dan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tandas dia.

Topik Menarik