Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa musala Ponpes

Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa musala Ponpes

Terkini | mojokerto.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:20
share

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Angin kencang saat cuaca panas menyebabkan atap galvalum di Ponpes Darul Hikmah di desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto terbang dan menimpa rumah warga Sabtu siang (12/10/2024). Peristiwa yang berlangsung selama sekitar 15-20 menit ini menimbulkan kepanikan di kalangan siswa yang sedang belajar di dalam kelas.

Menurut Abdul Hafidz Izzuddin, M.B.A, Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah, angin datang dari arah timur dan memasuki area pondok.

"Atap-atap bangunan terlihat berputar-putar selama sekitar 5 menit, menimbulkan suara keras akibat material galvalum yang berbenturan. Suara tersebut membuat para siswa berhamburan keluar kelas dalam keadaan ketakutan, beberapa bahkan menangis," jelasnya.

Sejumlah guru dengan sigap mengambil mikrofon untuk mengumumkan agar seluruh siswa segera meninggalkan kelas dan menuju ruang guru sebagai tempat yang lebih aman. Kejadian ini berlangsung dari pukul 11.00 hingga 12.00 siang.

"Berkat kesigapan para guru dalam mengatasi situasi, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan," ujarnya.

 

Sementara itu hampir bersamaan sebuah pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang dan menimpa mushola punden desa sumber wono, kecamatan bangsal, kabupaten mojokerto. Kejadian sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saat kejadian angin kencang dan tiba-tiba pohon beringin tumbang". Kata ikhsan warga sekitar.

Ikhsan menambahkan saat kejadian banyak orang di dalam musala punden desa, saat pohon tumbang mereka berhamburan menjauh. Satu jam kemudian tim BPBD dan relawan kabupaten mojokerto datang ke lokasi melakukan evakuasi pohon serta membersihkan puing-puing mushola.

Dalam sehari ada 4 kejadian dampak angin kencang yakni pohon tumbang di kecamatan mojosari dan kecamatan punggung, pohon beringin tumbang menimpa mushola dan atap galvalum terbang pondok pesantren darul hikmah.

Topik Menarik