Alasan Ahok Geber Digitalisasi saat jadi Gubernur DKI Jakarta: Biar Nggak Gampang Dibohongi

Alasan Ahok Geber Digitalisasi saat jadi Gubernur DKI Jakarta: Biar Nggak Gampang Dibohongi

Ekonomi | inews | Kamis, 26 September 2024 - 14:53
share

JAKARTA, iNews.id - Basuki Tjahjaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok menceritakan alasannya menghadirkan layanan-layanan digital saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017 lalu. Hal itu demi mencegah kebohongan.

"Ya jujur aja sih, jujur aja itu karena supaya nggak gampang dibohongin gitu, pikiran saya gitu saja," tutur dia dalam acara CIMB Niaga WEALTHXPO sesi Next-Gen di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Ahok mencontohkan ketika dirinya masih menjabat sebagai orang nomer satu di Jakarta, lalu ada disposisi surat atau izin yang belum dikerjakan.

Ia pun bertanya kenapa belum dilakukan. Namun, malah seorang office boy yang dikambinghitamkan dengan alasan surat itu terselip. Padahal itu terjadi lantaran kesalahan atasannya, bukan office boy tersebut.

"Nah, kalau semua digital, saya bisa melakukan audit forensik kira-kira gitu, ini surat sampai di mana, sampai di mana. Walaupun yang di Jakarta belum sempat bikin waktu itu, karena keburu saya dikirim kuliah di Mako Brimob. Itu semua saya bikin di Pertamina," ucap Ahok.

Diakui Ahok, selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dirinya berpikir bagaimana cara untuk menghemat anggaan dan tenaga. Kemudian menurutnya digitalisasi adalah kuncinya, karena dengan digitalisasi itu akan menghemat banyak waktu termsuk pelayanan bagi warga DKI Jakarta.

"Misal dulu kita kenal kalau ada jalan jelek, kadang udah meninggal banyak orang di berita, pemerintah gak bisa kerjakan, karena sistem anggarannya memang agak rumit. Lalu saya bikin dengan e-budgeting dengan sistem e-katalog, orang begitu masuk laporan, paling dua hari tim PU udah kerja, beresin," ucapnya.

Diungkapkan Ahok, hal itu mampu dilakukan dengan bantuan pihak lain yang paham akan teknologi. Ia menjelaskan keinginannya bagaimana ketika ada laporan masuk maka sistem akan memberikan notifikasi kepada dinas atau wilayah, seperti halnya perumahan.

Kemudian ketika ada notifikasi maka lampu di titik itu akan merah, kalau sudah direspons akan berganti kuning. Namun, jika tiga hari tidak juga ada respons maka dirinya akan langsung memecat pegawai dinas atau wilayah tersebut.

Oleh karena itu menuturnya, dalam sistem apa pun maka ujungnya harus ada manusia yang melakukan analisa. Dengan begitu, tidak menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan.

"Nah itu kira-kira bagi saya yang paling penting, teknologi tidak nambah biaya, pasti kita keluar biaya pertama bikin, tapi ujungnya harus bisa mengoptimalsasi biaya, itu sih targetnya. Kita mulai cuan gitu aja kan, tapi cuan untuk semua orang," ujar Ahok.

Topik Menarik