Gunung Tidar: Paku Tanah Jawa yang Menyimpan Sejuta Kisah dan Makna"

Gunung Tidar: Paku Tanah Jawa yang Menyimpan Sejuta Kisah dan Makna"

Nasional | gresik.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:20
share

MAGELANG, iNewsGresik.id - Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, menjadi pusat perhatian. Setelah Presiden Prabowo Subianto mengumumkan rencana retreat bagi para menteri, pejabat setingkat menteri, serta wakil menteri Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Kegiatan yang rencananya berlangsung pada 23-27 Oktober 2024 bertujuan untuk memperkuat soliditas dan kepemimpinan di kalangan pemerintahan, dengan latar belakang penuh sejarah dan simbolisme di Gunung Tidar.

Lantas, apa menariknya Gunung Tidar?

Gunung Tidar adalah sebuah gunung yang menjulang di tengah Kota Magelang, Jawa Tengah dan memiliki tinggi 503 Mdpl.

Walaupun tidak setinggi gunung-gunung lain yang ada di Pulau Jawa, Gunung Tidar memiliki sejarah dan keunikan yang tidak kalah dari gunung lainnya. Oleh masyarakat Jawa, gunung ini dijuluki sebagai  "Pakunya Tanah Jawa,"

Melansir dari berbagai sumber, Gunung Tidar dipercaya sebagai pusat kekuatan spiritual yang menjaga keseimbangan tanah Jawa. Di puncaknya, terdapat makam tokoh legendaris, Syekh Subakir, yang menurut kepercayaan setempat berhasil menaklukkan kekuatan mistis di Jawa.

Lebih dari itu, gunung ini menjadi bagian integral dari pendidikan militer di Indonesia. Akademi Militer yang berada di kaki Gunung Tidar telah melahirkan para pemimpin TNI yang tangguh dan berintegritas.

Bagi para taruna Akmil, gunung ini menjadi tempat pelatihan fisik dan mental, simbol ketangguhan dan dedikasi yang diharapkan juga akan tertanam pada para menteri selama retreat ini.

Dengan suasana alam yang tenang, penuh nilai historis dan militer, retreat di Gunung Tidar diharapkan dapat menjadi momen refleksi dan pembentukan jiwa kepemimpinan yang lebih kuat bagi para pejabat Kabinet Merah Putih, sebagaimana ditempa di lingkungan Akmil

Topik Menarik